Dikenal pahit dan banyak getahnya, tetapi dibalik itu banyak khasiatnya loh!

Daun pepaya, walau pahit namun banyak khasiatnya - Rumah123.com Daun pepaya, walau pahit namun banyak khasiatnya - Rumah123.com

Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang populer di Indonesia. Memiliki daging buah berwarna oranye segar membuat banyak masyarakat Indonesia, dari bayi hingga dewasa menyukai buah ini. Terlebih lagi, buah pepaya memiliki banyak manfaat. Buah yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan enzim ini berkhasiat melancarkan buang air besar dan baik untuk program diet. Nah ternyata, tidak hanya buahnya saja loh yang memiliki manfaat, ternyata daun pepaya pun memiliki khasiat yang banyak. Memang sih, daun satu ini terkenal pahit.

Namun jika diolah dengan tepat, kamu bisa kok menikmatinya. Lagipula, dengan khasiat yang ditawarkannya, rasa pahit yang dirasakan sementara tentunya tak ada apa-apanya. Apa saja sih khasiat dari tanaman obat satu ini? Di sini Rumah123.com telah merangkum beberapa manfaat daun berbentuk simetris ini yang dapat kamu rasakan!

1. Melancarkan pencernaan

Daun pepaya mempunyai khasiat yang dapat memperlancarkan dan memperbaiki saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena adanya zat karpain yang merupakan zat senyawa yang terkandung di dalamnya. Fungsi adanya zat karpain ini adalah dapat membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Manfaat lainnya adalah dapat membasmi parasit-parasit usus yang secara negatif mempengaruhi sistem pencernaan.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya adalah dapat menambah daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena daun pepaya mengandung phytonutrient. Phytonutrient ini memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi dan infeksi perut. Selain itu, daun ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Untuk itu kamu disarankan untuk mengonsumsi daun pepaya secara teratur dan rutin untuk mendapatkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih baik lagi.

3. Mencegah kanker

Ternyata daun dengan bentuk yang menyerupai tangan manusia ini juga dapat mencegah risiko terjadinya kanker dalam tubuh kamu. Getah putih yang dihasilkan oleh daun pepaya merupakan zat anti kanker. Oleh sebab itu, daun ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah adanya resiko kanker pada tubuh seseorang. Faktor lainnya dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat menurunkan risiko kanker.

Baca juga: Siapa Sangka, Minum Air Ketumbar Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

4. Mengontrol tekanan darah

Selanjutnya, daun pepaya juga dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh kamu. Kamu dapat merebus 5 lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Kemudian kamu biarkan air menguap hingga sisa sekitar ¾ air. Setelah airnya menguap, kamu saring air rebusan daun tersebut dan tunggu hingga dingin lalu minumlah. Rebusan airnya memiliki khasiat yang tinggi untuk mengontrol tekanan darah. Kamu juga dapat menambahkan gula merah atau madu jika kamu ingin air rebusannya sedikit tidak pahit.  

5. Meredakan sakit saat menstruasi

Manfaat lainnya dari daun pepaya adalah dapat meredakan sakit yang sering dialami oleh kebanyakan wanita saat sedang menstruasi. Biasanya saat menstruasi wanita merasakan nyeri berlebih. Untuk menyiasatinya kamu dapat merebus satu lembar daun dan ditambah garam serta asam jawa. Setelah mendidih, kamu dapat menyaring air rebusan tersebut. Tunggu air rebusan tersebut menjadi hangat dan minumlah. Banyak orang percaya jika meminum air rebusan daun pepaya selagi hangat akan membantu mempercepat reaksi meredakan nyeri menstruasi. Disarankan untuk meminum air rebusan ini selama beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Melancarkan ASI

Manfaat lainnya ada untuk ibu yang sedang menyusui. Biasanya, ibu-ibu yang sedang menyusui mempunyai vitamin atau suplemen yang dapat menambah jumlah produksi ASI. Tetapi, daun pepaya juga dipercaya dapat melancarkan ASI ibu-ibu menyusui. Ibu-ibu menyusui dapat mengolah daun ini menjadi olahan jamu, tapi juga bisa diolah menjadi makanan rumahan supaya dapat kamu konsumsi lebih sering dan rutin. Tetapi kamu harus pintar mengolahnya supaya dapat menghasilkan rasa yang tidak pahit.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kalian rasakan saat mengonsumsi daun pepaya. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat kan?

Bagikan:
7121 kali