Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto) Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Apa yang terlihat pertama kali dari rumah kamu? Sudah pasti adalah pagar dan pintu gerbang yang terlihat cantik, kan?

Kalau ada orang yang mencari rumah kamu, biasanya kamu akan memberitahu kalau orang itu hanya perlu mencari rumah dengan pagar berwarna cat tertentu dengan pintu gerbang yang besar. Itu yang pasti kamu banggakan.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Sebenarnya Dari Teras? Yuk, Cari Tahu

Nggak mungkin kamu dengan bangga memberitahu cari saja rumah dengan pagar rumah yang catnya sudah mengelupas dan pintu gerbang dari kayu yang sudah keropos.

Pagar dan juga pintu gerbang mau tidak mau mencerminkan karakter dan identitas penghuninya. Agar eksterior rumah kamu terlihat keren, maka kamu harus melakukan beberapa hal ini tentunya.

Baca juga: Rumah Ramah Lingkungan? Gimana Caranya Sih?

Pertama, menguatkan karakter pagar. Kamu harus menentukan desain pagar dan pintu gerbang yang selaras konsep arsitektur dan desain bangunan.

Jangan sampai desain pagar dan pintu gerbang tidak cocok dengan desain rumah. Kalau rumah kamu berdesain klasik, pagar dan pintu gerbang dari besi terlihat sempurna.

Baca juga: Yuk, Disimak Cara Bikin Kamar Tidur Kamu Jadi Lebih Sehat (Bagian 1)

Karena itu tentukan warna, bentuk, desain, serta pilihan material yang pas untuk pagar dan juga pintu gerbang.

Kedua, pilihan warna. Banyak pilihan warna untuk pagar dan pintu gerbang. Pilihan yang tepat adalah jenis warna yang sifatnya ramah, terbuka, bersahabat, mengundang, atau menarik perhatian.

Baca juga: Yuk, Disimak Cara Bikin Kamar Tidur Kamu Jadi Lebih Sehat (Bagian 2)

Tetapi, hindari kesan yang berlebihan atau menonjol. Lantaran hal itu akan membuat fasad bangunan akan tenggelam. Warna juga harus terkesan netral agar bisa berbaur dengan warna fasad bangunan.

Ketiga, bentuk dan desain. Sebaiknya kehadiran pagar dan pintu gerbang tidak terlalu menutupi fasad bangunan utama.

Baca juga: Yuk, Disimak Cara Bikin Kamar Tidur Kamu Jadi Lebih Sehat (Bagian 3)

Kehadiran pagar memang untuk keamanan dan juga privacy, tetapi wajah rumah juga tetap terlihat. Pilihan untuk membuat pagar dan pintu gerbang dalam bentuk kombinasi masif dan berongga menjadi pilihan.

Bagian rongga menjadi media visual untuk memperlihatkan fasad bangunan utama, plus memberikan kesan dinamis dan tidak membosankan.

Bagikan:
2518 kali