OK

Orang Indonesia Tetap Bisa Beli Rumah Impian, Asalkan…

08/08/2022 by Christantio Utama

generasi muda indonesia

Beli rumah impian ternyata bisa diwujudkan meski situasi ekonomi sedang sulit. Asalkan kamu mengetahui cara mengelola uang yang benar.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyebutkan bahwa nantinya orang Indonesia, khususnya anak muda akan sulit membeli rumah karena berbagai faktor.

Hal tersebut ia kemukakan ketika menghadiri acara Securitization Summit 2022 di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

“Untuk membeli rumah 15 tahun mencicil di awal berat, suku bunga dulu, prinsipalnya di belakang. Itu karena dengan harga rumah tersebut dan interest rate sekarang harus diwaspadai karena cenderung naik dengan inflasi tinggi,” ujarnya.

“Maka masyarakat akan semakin sulit untuk membeli rumah,” tambahnya.

Hal ini tentunya menjadi perhatian banyak orang, terutama para keluarga muda yang bermimpi memiliki hunian sendiri.

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Apakah nantinya masyarakat Indonesia akan benar-benar sulit membeli rumah?

Yuk, langsung saja kita simak ulasan singkatnya berikut ini.

Fenomena yang Terjadi di Industri Properti Tanah Air

Beli rumah impian fenomena

Sumber: Handsout

Beberapa waktu lalu, Christantio dari Redaksi Rumah123.com berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan.

Pria kelahiran 24 September 1982 di Medan, Sumatera Utara ini menjelaskan bahwa terdapat dua faktor yang menyebabkan mengapa orang Indonesia akan sulit membeli rumah.

Faktor pertama yakni faktor eksternal yang meliputi kenaikan inflasi dan nilai acuan suku bunga bank.

Sedangkan faktor lainnya sendiri dipengaruhi oleh faktor internal dari masing-masing individu.

“Kebiasaan dari anak-anak muda kita yang memiliki pola hidup dengan impulsive buying. Jadi mereka belanja sesuatu yang tidak mereka butuhkan. Tapi sebenarnya mereka memiliki penghasilan yang cukup besar,” katanya.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang menerapkan gaya konsumerisme dan cenderung hedonisme membuat keadaan yang sulit membeli rumah, akan terasa lebih sulit lagi.

Apalagi ditambah dengan literasi masyarakat Indonesia yang masih belum menguasai bidang properti dan keuangan.

Wasudewan juga menyebutkan bahwa hal tersebut tidak hanya dialami oleh generasi muda saja, melainkan dengan generasi lainnya yang baru ingin membeli rumah pertamanya.

“Semua akan menghadapi kondisi yang sama. Dengan kondisi sekarang kan akan dialami oleh semua orang.Kenaikan suku bunga, harga barang pokok juga naik. Jadi dengan penghasilan yang sama, porsi untuk membeli rumah akan menjadi lebih kecil,” ujarnya.

Sederet Insentif Pemerintah bagi Masyarakat yang Ingin Membeli Rumah

Beli rumah impian insentif

Sumber: Tribunnews.com

Rentetan permasalahan ekonomi pasca pandemi Covid-19 serta harga rumah yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya seperti menambah kesulitan bagi masyarakat Indonesia yang bermimpi memiliki rumah pertamanya.

Pemerintah sebagai pihak yang memiliki kewenangan untuk mengatur kebijakan juga tidak tinggal diam saja melihat situasi tersebut.

Salah satu langkah konkrit telah dilakukan pada tahun 2021 lalu.

Pemerintah membuat kebijakan fiskal mengenai insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) Rumah sebesar 100% untuk rumah dengan nilai maksimal mencapai Rp2 miliar.

Lalu, untuk rumah di atas Rp2 miliar sendiri diberikan insentif mencapai 50%.

Langkah ini disambut baik oleh banyak orang dan terbukti ampuh untuk menjadi stimulus bagi masyarakat dalam membeli rumah.

Senada dengan hal tersebut, Wasudewan juga mengungkapkan bahwa para pengembang properti dan agen properti mendapatkan angin segar dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Dengan perpanjangan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) Rumah sampai September 2022 ini, diharapkan masih bisa mendongkrak industri properti Indonesia.

Tips Beli Rumah Impian

Beli rumah impian tips wasudewan

Sumber:  Wikipedia

Selain memberikan pandangannya mengenai fenomena sulitnya membeli rumah bagi masyarakat Indonesia pada masa yang akan datang, Wasudewan juga membagikan sedikit tips bagi kamu yang ingin membeli rumah impian.

Pertama, kamu harus bijak mengelola keuangan pribadi.

Jangan sampai pendapatan yang kamu miliki sudah habis terlebih dahulu untuk membeli produk atau jasa yang sifatnya konsumtif.

Sisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi serta menabung agar membayar DP (down payment) rumah menjadi lebih mudah.

“Jadi buat milenial mungkin lebih bijak menggunakan uangnya. Karena banyak sekali dari kita yang pola hidupnya sangat konsumtif,” ujarnya.

Kedua, cari unit rumah yang harganya terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Saat ini, marketplace properti seperti Rumah123.com yang menyediakan listing rumah dengan harga yang relatif terjangkau.

“Harga properti itu kan akan cenderung naik. Sekarang ada banyak properti yang tersedia di marketplace dengan harga cukup murah,” kata Wasudewan.

“Bahkan ada banyak orang yang butuh uang dan terpaksa menjual rumahnya dengan harga di bawah pasaran. Jadi, itu mungkin bisa menjadi kesempatan bagi millenials untuk mulai melakukan investasi rumah,” lanjutnya.

Ketiga, tingkatkan literasi kamu mengenai dunia properti.

Sebab, hal ini akan membantu kamu dalam memilih rumah idaman dan mendapatkan pembiayaan terbaik dari pihak bank.

Rumah123.com Menjadi Wadah Membeli Rumah Impian

Beli rumah impian

Sumber: Bisnis.com/Dok ASYA

Untuk membantu kamu dalam mendapatkan rumah idaman, Rumah123.com bukan hanya menyediakan daftar rumah di berbagai daerah dengan harga yang terjangkau.

Rumah123.com juga menyediakan fitur Simulasi KPR yang dapat membantu kamu langsung mengecek kemampuan mencicil rumah sesuai dengan gaji yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan mendapatkan cicilan karena Rumah123.com bersama Bank Mandiri menawarkan suku bunga fixed 3 tahun yang ringan di gelaran Mandiri Property Online Sale. 

Bunga yang ditawarkan  juga relatif kecil sekitar 3.88%.

Sementara, untuk rumah-rumah yang ditawarkan pun didiskon hingga 3%. 

Ditambah lagi dengan promosi pengembang yang umumnya memberikan keringanan uang muka atau bahkan kamu tidak perlu membayar uang muka untuk bisa beli rumah impian.

Menarik, bukan?

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai fenomena masyarakat Indonesia yang disebut akan sulit membeli rumah kedepannya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman.

Kamu bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Southeast Capital Jakarta Timur.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama

Christantio Utama

Penulis Rumah123.com yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.