Warga berjalan menuju commuter line Cikarang-Jakarta. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Kamu sudah tahu kan, pada Sabtu (7/10/2019), beberapa stasiun baru dibuka secara resmi oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), antara lain Stasiun Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, dan Cikarang. Kalau kamu tinggal di Bekasi atau di sekitarnya, tentunya mensyukuri hal ini sebagaimana banyak warga masyarakat Bekasi lainnya.

"Adanya Stasiun Bekasi Timur ini memudahkan kami warga Timur untuk menggunakan fasilitas yang disediakan pemerintah dengan nyaman dan aman. Selain menghemat waktu dan biaya, ini dapat mengurangi kemacetan," kata seorang pengguna kereta, Khuriyah, seperti dikutip dari antaranews.com, Senin (9/10/2017).

Baca juga: Dengan Duit Rp5.000, Dari Cikarang Sudah Bisa Nyampe Jakarta Kota

Sebelum ada Kereta Rel Listrik (KRL) rute Cikarang-Jakarta Kota, para komuter KRL masih harus ke Stasiun Bekasi yang ada di Bekasi Selatan. Hal ini membuang banyak waktu, biaya, dan mengakibatkan kemacetan parah, sehingga banyak orang terlambat sampai ke tempat tujuan.

Bangunan stasiun yang baru beroperasi perdana pada Minggu (8/10/2017) ini nyaris sempurna. Pembangunan yang masih kurang tampak pada pembatas antara perumahan warga dan kawasan stasiun. Hal ini memang harus diwaspadai mengingat Stasiun Bekasi Timur ini di kelilingi oleh permukiman warga dan kawasan pertokoan.

Baca juga: Ke Cikarang KRL Terus Melaju, Harga Tanah di Sekitarnya pun Kian Merangkak

"Stasiun ini berada di tengah permukiman warga yang sangat padat dan pertokoan. Banyak anak-anak kecil dari daerah setempat berada di pinggir rel dengan jarak yang sangat dekat dengan kereta api yang melintas. Itu membuat saya sebagai pengguna merasa ngeri dan takut terjadi apa-apa dengan anak-anak itu," kata seorang komuter, Niar.

Selain pada anak-anak yang kerap main di pinggiran rel, kekhawatiran juga diarahkan penumpang kereta kepada banyak remaja sekitar yang memanjat tembok-tembok yang sudah dibuat di sekeliling halaman depan stasiun untuk masuk ke dalam.

Baca juga: Ini Dia! Rumah Murah Rp100 Jutaan di Cikarang

Masyarakat berharap keamanan dan ketertiban lahan parkir ditingkatkan. Untuk saat ini sejak pembukaan resminya, Stasiun Bekasi Timur meminta bantuan Karang Taruna Kecamatan Bekasi Timur untuk menjaga keamanan dan ketertiban lahan parkir untuk sementara.

"Semoga adanya stasiun ini menjadi sebuah awal baru untuk dunia transportasi agar lebih maju dan bagus lagi. Karena dalam membuat sesuatu yang baru harus dipertimbangkan lagi tujuan dan manfaatnya untuk masyarakat," kata Khuriyah mengingatkan.
Bagikan:
2777 kali