Foto: Rumah123/Getty
   

Selama bulan puasa, tempat yang paling enak buat olahraga ya di rumah. Selain gak banyak waktu dan energi kebuang di jalanan, juga rasa malas untuk melakukannya bisa berkurang kalau dilakukan di rumah.

Puasa-puasa kok olahraga? Gak Salah Tuh? Nanti lemes dan haus! Mungkin kamu temasuk yang berpikiran gitu. Memang betul sih kalau lagi puasa asupan makanan berkurang karena gak makan dan minum seharian. Tapi, kalau ditambah gak olahraga, yang ada tambah loyo dan malas. Alhasil, produktivitas kamu pun menurun.

Meskipun olahraga kudu jalan terus selagi puasa, tapi tetap ada aturannya lho. Kapan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa? Mengutip moneysmart.id, yakni 30-60 menit sebelum waktu buka puasa.

Baca juga: Bulan Puasa Pengeluaran Nambah? Berarti Kurang Kendali Diri Tuh!

Jenis olahraganya pun gak boleh yang berat dengan intensitas yang tinggi, semisal Muaythai, angkat beban, atau berenang. Olahraga jenis ini berisiko kalau kamu lakukan saat kondisi perut kosong.

Lantas, jenis olahraga apa aja sih yang aman dilakukan saat kamu puasa? Ini dia:

Stretching (peregangan) dan pemanasan ringan 

Sekadar bikin badan gak lemes, kamu bisa melakukan stretching (peregangan) dan pemanasan ringan selama 10 menit aja. Gerakan-gerakannya mudah kok, contohnya lari di tempat, planksit-uppush-up, dan lunges. Gerakan ini melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku.

Kalau kamu makan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, dengan rutin olahraga di waktu yang tepat, produktivitas kamu pasti gak akan terganggu karena puasa.

Baca juga: Bikin Kangen Buka Puasa di Rumah Nih!

Lompat Tali

Kayaknya ini jenis olahraga yang paling gampang dan efektif membakar lemak. Setengah jam berlompat tali buat cowok bisa membakar hingga 425 kalori, sedangkan bagi cewek bisa membakar hingga 375 kalori. Cukup lakukan 15-25 menit aja selama bulan puasa. Udah gitu modalnya cuma tali skipping doang. Sambil nunggu buka puasa, terus ber-skipping ria gak akan terasa sampai waktu buka tiba.

Jogging

Sekadar lari-lari kecil bisa jadi pilihan olahraga di bulan puasa. Kalau mengitari rumah gak memungkinkan, kamu bisa lari-lari di sekitar luar rumah, misalnya di area komplek perumahan. Pilih tempat jogging yang teduh semisal yang banyak pohon rindangnya. Kalau di rumah kamu tersedia treadmill, maksimalkan aja alat ini selama bulan puasa.

Manfaat olahraga ini yakni bisa membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan. Kalau kamu di hari-hari lain biasa jogging satu jam, maka selama puasa kurangi aja jadi 30 menit.

Baca juga: Mau Berolahraga? Gampang, Di Rumah Saja!

Bersepeda Statis

Mengayuh sepeda statis selama bulan puasa juga bisa jadi pilihan olahraga kamu. Kalau kamu lebih suka bersepeda keliling komplek prumahan juga gak masalah, cari aja jalan yang teduh agar gak cepat kehausan. Selain itu, kurangi intensitas waktunya, cukup 15-20 menit. Bersepeda bisa bikin tubuh kamu memproduksi hormon endorfin yang bisa bikin suasana hatimu jadi senang dan bersemangat.

Senam Zumba dan Aerobik

Kamu bisa melakukan olahraga jenis ini dengan iringan musik, sehingga terasa lebih fun dan seru. Gerakannya emang ringan dan gampang.  Tapi, efektif banget lho untuk membakar kalori sehingga bisa menurunkan berat badan. Kalau dilakukan dengan benar, kamu bisa membakar sampai 350 kalori dalam waktu 30 menit!

Baca juga: Acara Buka Puasa Bersama di Rumah? Ayo Siapkan!

Yoga

Jenis olahraga yang satu ini semkain bagus kalau kamu lakukan selama bulan puasa. Pasalnya, dengan beryoga gak cuma badan kamu yang bugar, juga pikiran. Alhasil, kamu bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang.

Selain mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh, latihan teknik pernapasan dalam yoga juga bisa menambah suplai oksigen dalam tubuh dan menyeimbangkan produksi hormon.

Pilih gerakan yoga yang irit energi. Fokus aja ke teknik pernapasan dan postur-postur yang gampang. Lakukan latihan ini pas perut masih kosong, bisa dua jam sesudah sahur atau satu jam sebelum waktu berbuka.

Bagikan: 1003 kali