kereta bandara stasiun manggarai- rumah123.com Ilustrasi Kereta Bandara. Kereta Bandara Soekarno Hatta Akan Berhenti di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan Mulai Oktober 2019. Penumpang Bisa Naik dan Turun di Stasiun Manggarai (Foto: Rumah123/Getty Images)

Penumpang bisa naik dan turun kereta bandara di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan mulai Oktober 2019. Kabar bagus buat kamu yang sering wira wiri ke bandara.

Situs berita online Detik.com melansir bahwa Kementerian Perhubungan telah menguji coba pengoperasian Stasiun Manggarai sebagai Stasiun Kereta Bandara. Kereta bandara ini memiliki sejumlah rute menuju ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Awal Oktober 2019, Stasiun Kereta Bandara di Stasiun Manggarai sudah siap dioperasikan. Kereta bandara Railink dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Manggarai.

Baca juga: Kereta Bandara Solo Akan Beroperasi Pada Oktober 2019

Direktorat Prasarana dan Direktorat Keselamatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menguji coba pengoperasian Stasiun Kereta Bandara di Manggarai. Stasiun ini sudah dinyatakan layak untuk dioperasikan.

Serangkaian uji coba terhadap prasarana telah dilakukan. Sejumlah hal dinyatakan siap. Stasiun kereta bandara siap untuk beroperasi.

“Pengujian prasarana meliputi pengujian terhadap Gedung Utama Area KA Bandara dan Jembatan Penyeberangan Orang. Saat ini Railink sedang memasang petunjuk (signage) untuk memudahkan penumpang,” ujar Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu seperti dikutip oleh Detik.com.

Baca juga: Kereta Bandara Rute Stasiun Bekasi-Bandara Soetta Tidak Lagi Beroperasi

Direktur Keselamatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zamrides menyatakan sudah melaksanakan uji keselamatan atau safety assessment. Ada sejumlah kesalahan kecil yang harus diperbaiki.

Zamrides melanjutkan ada kekurangan pemberian tanda identifikasi naik dan turun pada eskalator serta pembersihan kawasan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Stasiun Kereta Bandara di Manggarai Dibangun Sejak 2015

Stasiun kereta bandara di Manggarai, Jakarta Selatan sudah dibangun sejak Agustus 2015. Pembangunan stasiun ini menjadi Paket A Pembangunan Jalur Dwi Ganda atau Double Double Track (DDT) rute Manggarai-Bekasi (Cikarang).

Jalur dwiganda ini dibangun guna meningkatkan kapasitas jalur kereta dengan memisahkan kereta jarak jauh ke luar kota dengan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line. Stasiun Manggarai memiliki tujuh jalur untuk layanan perjalanan kereta api dari enam arah.

Enam perjalanan ini adalah jalur utama (main line) Jakarta Kota-Lintas Utama Jawa, KRL Commuter Line Jakarta Kota-Bogor, KRL Jakarta Kota-Bekasi, KRL Jatinegara-Bekasi, KRL Feeder Duri-Manggarai, serta lintasan angkutan barang barang untuk rute Merak-Citayam-Nambo serta Sukabumi-Kampung Bandan.

Sekarang, Stasiun Manggarai juga melayani kereta bandara. Selama ini, Stasiun Manggarai hanya dilewati oleh kereta bandara.

Kereta Bandara Telah Beroperasi Sejak 2017

Kereta Bandara merupakan transportasi massal menuju bandara. Railink yang mengoperasikan kereta bandara. Railink merupakan perusahaan patungan dua BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu PT KAI (Kereta Api Indonesia) dan PT Angkasa Pura II. PT Angkasa Pura merupakan pengelola bandara.

Kereta Bandara Soekarno Hatta beroperasi sejak 2017. Kereta bandara ini memiliki dua rute yaitu  Bandara Soekarno Hatta-Duri-Sudirman Baru-Manggarai dan Bandara Soekarno Hatta-Duri-Sudirman Baru-Manggarai-Bekasi-Tambun. Namun, belakangan Stasiun Bekasi tidak melayani lagi kereta bandara.

Railink juga mengoperasikan kereta bandara yang melayani Bandara Kualanamu di Sumatera Utara. Kereta bandara ini malah sudah beroperasi sejak 2013.

Baca juga: Kereta Bandara Yogyakarta Sudah Beroperasi, Buat yang Mudik Jangan Lupa Naik

Bagikan: 1215 kali