Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Merencanakan desain berskala besar (master planning) untuk suatu kota tidaklah mudah. Juga butuh waktu lama. Sebut saja konsep kota mandiri (township) milik Sinar Mas Land di Bumi Serpong Damai (BSD) City Tangerang.

Menurut Associate Director, Master Planning, Design Planning Ecomomics PT AECOM Indonesia, Ardzuna Sinaga, sebuah konsep desain perlu waktu berbulan-bulan untuk merumuskan dan merencanakannya.

Baca juga: Jakarta Garden City, “The Prospective Township in East Jakarta”

"Kalau cuma gambar desainnya itu kami butuh waktu tiga sampai empat bulan. Belum lagi pengerjaan dan konsultasinya," katanya usai ditemui pada HUT ke-28 Sketsa yang berlangsung di Universitas Tarumanagara, Sabtu (17/12).

Perusahaan yang diembannya ini, di dalamnya terdapat para ahli infrastruktur, bidang transportasi, desain interior dan eksterior, serta bina marga. AECOM sudah lama menjalin kerja sama dengan kalangan pemerintahan dan para pengembang.

Baca juga: Meisterstadt, Megaproyek Kota Mandiri di Batam

Tak heran ya, kalau BSD City Sinar Mas Land sudah terbukti bagaimana bentuk kotanya secara nyata. Paling utama untuk konsep kota mandiri, menurutnya, yakni sebuah alur irigasi pengairan.

"Kami harus konsultasi dulu kepada instansi yang menangani, ke bagian lingkungan hidup. Apakah konsep seperti ini bakal banjir atau tidak. Terus juga pembuatan danau. Selain itu, Amdalnya juga harus ada sebelum masuk untuk pembangunan apartemen atau huniannya," ujarnya menjelaskan. (Wit)

Bagikan: 1210 kali