Jahe merupakan salah satu obat herbal asam urat yang mudah dibuat - Rumah123.com Jahe merupakan salah satu obat herbal asam urat yang mudah dibuat - Rumah123.com

Asam urat merupakan penyakit sendi yang biasanya terjadi pada lutut kaki, siku tangan, pergelangan kaki dan tangan. Biasanya, orang yang terkena penyakit asam urat akan merasakan sakit nyeri pada persendiannya dan juga bisa disertai dengan bengkak merah yang menyelimuti persendian tersebut. Asam urat ini disebabkan karena adanya asam dalam darah yang terlalu tinggi, sehingga ginjal tidak mampu untuk mengolah asam tersebut sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan asam yang menjadi kristal di persendian. Normalnya, asam larut melalui darah dan akan keluar melalui urine.

Tidak hanya mengandalkan dokter, ternyata asam urat juga bisa diobati secara alami dari bahan-bahan atau makanan yang ada di rumah kamu. Disini Rumah123.com telah merangkum beberapa makanan yang ada didapur kamu dapat dijadikan obat herba; asam urat. Jangan sampai kamu tidak mengetahuinya ya!

Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang biasa dijadikan bahan untuk penyedap rasa. Jahe memiliki sifat anti peradangan, karena itu jahe biasa dijadikan sebagai jamu atau obat-obat herbal salah satunya obat herbal asam urat. Banyak cara untuk menjadikan jamu sebagai obat alami. Kamu cukup merebus jahe, lalu meminum air rebusan jahe tersebut sebagai obat. Selain itu, kamu cukup menambahkan potongan-potongan kecil jahe ke dalam masakanmu.

Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu obat alami asam urat. Keasaman cuka apel dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri akut pada sendi. Selain itu cuka apel juga mempunyai sifat anti peradangan. Cukup dengan melarutkan satu sendok teh cuka apel ke dalam air, kamu langsung dapat meminumnya minimal 2x dalam sehari.

Pisang

Buah merupakan salah satu makanan sehat yang menyempurnakan makanan sayur mayurmu. Banyak orang yang percaya, jika belum makan buat maka asupanmu kurang sempurna. Salah satu buah yang dipercaya dapat menjadi obat herbal asam urat adalah pisang. Pisang diperkaya akan vitamin C yang dapat mengurangi rasa nyeri berlebih pada sendi. Tidak hanya itu, pisang juga mempunyai sifat tinggi kalium yang dapat mengubah kristal-kristal asam urat larut dan akan keluar bersama urin. Kamu dapat memakan buah pisang 2x sehari untuk tetap menjaga nutrisi dalam tubuhmu.

Ceri

Buah ceri merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat sebagai obat, salah satunya obat asam urat. Karena kaya akan antioksidan, sehingga ceri dapat membantu mengurangi produksi asam urat berlebih dalam tubuh. Tidak hanya itu, ceri juga dipercaya memiliki anthocyanin yang dapat mengurangi nyeri pada sendi. Dengan begitu, kamu dapat mengkonsumsi buah ceri 15-20 buah per hari untuk meredakan asam urat.

Apel

Buah apel juga menjadi salah satu buah yang dapat dijadikan obat alami asam urat. Buah apel mempunyai sifat rendah purin, karena purin menjadi penyebab tumbuhnya asam urat. Dengan mengkonsumsi buah yang rendah purin, dapat mengurangi adanya asam urat pada tubuh. Apel juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah dan meredakan rasa nyeri pada sendi. Cukup mengkonsumsi apel setiap abis makan, kamu dapat mencegah terjadinya penyakit asam urat dalam tubuhmu.

Banyak makanan-makanan yang ada di rumahmu dapat dijadikan sebagai obat alami asam urat. Tapi, jangan lupa untuk mengecek kesehatanmu secara rutin untuk lebih mengetahui jenis sakitmu. Kamu dapat menjadikan makanan-makanan diatas menjadi obat alternatif jika kamu terkena penyakit asam urat selain mengonsumi obat-obatan dari dokter. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu ya!

Bagikan:
227587 kali