Foto: Rumah123/Getty
 

Lebaran baru aja kita lalui. Buat kamu yang abis mudik dan udah nyampe di rumah, meski masih capek ada baiknya untuk mengecek kondisi rumah. Gak harus kamu beres-beres semua bagian rumah saat ini juga, tapi ada beberapa hal utama yang harus kamu.

Menormalkan Sirkulasi Udara

Semua pintu dan jendela dalam kondisi tertutup bahkan terkunci saat kamu mudik, bukan? Hal ini berlangsung selama beberapa hari bahkan mungkin seminggu. Pastinya udara dalam rumahmu pengap dengan aroma yang kurang sedap. Jadi, segeralah buka pintu dan jendela, atau kalau kamu tiba di rumah sudah malam, nyalakan AC atau kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah. Pagi harinya, segera buka pintu dan jendela agar sirkulasi udraa dalam rumah menjadi normal.

Cek Aliran Listrik, Lampu, dan Suplai Air

Kalau kamu pake listrik isi ulang atau voucher, pastikan persediaan pulsa listrik di rumahmu masih cukup atau segera isi ulang. Nyalakan semua lampu untuk memastikan apakah semua lampu masih berfungsi dengan baik setelah lama ditinggalkan. Keran air pun perlu kamu cek, karena bisa saja mengalami gangguan semisal macet setelah ditinggal beberapa lama.

Baca juga: Pembantu Mudik, Rumah pun Tetap Apik

Masih Adakah Makanan?

Bahan makanan apa aja yang masih berkondisi baik sepeninggal kamu mudik? Kamu dan  keluarga tentunya butuh asupan makanan dan minuman sepulang mudik. Periksa juga apakah persediaan gas untuk memasak masih cukup? Tapi, soal makan dna minum saat ini gampang sih, tinggal order makanan dan minuman melalui ojek online, maka satu masalahmu sepulang mudik teratasi.

Bersihkan Debu dan Kotoran

Rumah yang kosong beberapa hari pastinya menjadi tempat yang nyaman bagi debu-debu dan kotoran untuk bersarang. Bersihkan debu dna kotoran di bagian-bagian yang penting dalam rumah, yakni di sofa, meja tamu, kemudian bagian lantai dan karpet.

Baca juga: Beresin Rumah Ga Pake Lama, Yuk!

Berbagi Tugas dengan Semua Penghuni

Supaya kamu gak kecapekan sendiri beres-beres rumah sepulang mudik, coba berbagi tugas dengan smeua anggota penghuni rumah. Masing-masing dapat tanggung jawab agar semua pekerjaan rumah segera rampung tanpa ada yang merasa paling capek. Lebih gampang lagi kalau kamu bikin daftar apa aja yang harus dikerjakan sepulang mudik, sehingga mudah pula bagi-bagi tugasnya.

Kamar Tidur Nomor Satu

Ruangan dalam rumah yang paling penting dibersihkan segera adalah kamar tidur. Pasalnya, sepulang dari mudik, kamu dan anggota keluarga pastinya lelah, bukan? Jadi penghuni rumah butuh kamar tidur yang siap digunkan untuk beristirahat setelah perjalanan mudik yang melelahkan. Bersihkan kamar tidur dari debu, buat sirkulasi udaranya normal, dan hilangkan bau pengap atau bau gak sedap agar istirahat atau tidurmu menjadi nyaman.

Baca juga: Bukan Penghuni Aja yang Butuh Perawatan Diri, Rumahnya Juga Lho!

Rapikan Ruang Tamu

Masih Lebaran, jadi mungkin aja masih ada tamu yang akan bertandang. Maka, penting kamu rapikan ruang tamu. Jaga ruang tamu tetap bersih dan rapi.

Bersihkan Teras

Selama kamu tinggal mudik, teras rumahmu ada aja kotoran yang mampir. Segera juga bersihkan teras.

Panggil Jasa Pembersih Rumah

Kalau rumah kamu besar dan anggota keluarga belum bisa diandalkan untuk membantu membereskan rumah, maka alternatif terakhir adalah memanggil jasa pembersih rumah, bisa kamu panggil langsung, bisa juga melalui aplikasi online.

*

Bagikan: 688 kali