OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Nyaman Bekerja di Rumah

12 Oktober 2023 · 3 min read Author: Wita Lestari

Picture of designed desk for creative worker

Saat ini bekerja di atau dari rumah mulai jadi tren. Kemacetan lalu-lintas kota besar dan kecanggihan teknologi informasi saat ini jadi alasan mengapa banyak orang kini lebih nyaman bekerja di rumah. Hanya saja, ada hal yang harus disiasati agar Anda bisa produktif dan nyaman kalau bekerja di rumah.

Salah satu pendukung kerja yang produktif di rumah adalah ruang kerja yang nyaman dan inspiratif. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan untuk ruang kerja di rumah.

Menentukan Ruang yang Pas 

Jenis pekerjaan apa yang Anda lakukan di rumah? Terkait pekerjaan tersebut, berapa banyak tamu yang akan datang ke rumah? Kedua pertanyaan tersebut akan menentukan seberapa besar ukuran ruang kerja, furnitur, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

Kalau Anda hanya butuh ruang kerja yang mungil saja, pilih sudut rumah yang bisa Anda sulap jadi ruang kerja. Yang terpenting adalah ruangan itu terpisah dari segala aktivitas rumah. Jaga agar segala file yang terkait pekerjaan Anda tersimpan rapi, tak berantakan.

Memilih Gaya Desain Ruangan

Tentukan gaya desain ruangan kerja Anda. Ini bisa dicari di buku atau internet. Kalau Anda memang sudah punya tema desain sendiri sesuai karakter Anda, tentunya jauh lebih baik. Pilih dekorasi yang inspiratif, sesuai selera Anda. Semisal gaya kasual elegan, gaya ini akan membuat ruang kerja Anda lebih nyaman.

Mengatur Penempatan Perlengkapan

Masalah utama ruang kerja di rumah adalah tumpukan kertas atau dokumen yang berantakan. Maka itu, jagalah selalu kerapihan tempat-tempat penyimpanan. Tempatkan barang-barang sedemkian rupa hingga tak mengganggu saat Anda sedang bekerja.

Menciptakan Suasana Pembangkit Energi

Pilih furnitur, gambar, warna dinding, atau apapun yang bisa mendorong motivasi Anda dan memunculkan energi. Perhatikan pula aspek ergonomis dari kursi atau perlengkapan yang Anda gunakan. Kelelahan bekerja akan berkurang bila kita memperhatikan aspek ergonomis.

Mencukupkan Cahaya Ruangan

Ruangan yang temaram membuat Anda mengantuk. Jadi pencahayaan yang baik sangat penting untuk bekerja. Cahaya itu bisa dari lampu atau matahari. Jadi pertimbangkan masuknya cahaya matahari yang cukup ke ruang kerja Anda.

Bila cahaya matahari tak memungkinkan, pilih cahaya dari lampu yang tak terlalu terang tapi juga tak minim. Untuk kenyamanan, pilih cahaya yang tak terlalu kuning. Jangan tempatkan layar komputer langsung di depan sumber cahaya, karena akan menyebabkan mata Anda lelah.

Hadirkan Papan Inspirasi

Letakkan papan inspirasi seperti motto, kata-kata mutiara, daftar prioritas kerja, jadwal penyelesaian kerja, kalender, reminder, atau foto orang kesayangan Anda. Semuanya ini bertujuan untuk membangkitkan suasana hati Anda yang positif.

Dekorasi Karya Seni

Tempatkan karya seni di ruang kerja Anda. Bisa berupa lukisan yang atraktif, vas bunga yang cantik, atau barang mungil etnik yang menarik. Sentuhan benda estetik bisa membuat ruang kerja Anda menggelitik ketimbang polos-polos saja.

Mewarnai Ruang Kerja

Secara psikologis, warna bisa mengubah suasana hati Anda. Aksen warna tak sebatas pada dinding saja. Anda bisa memilih satu warna yang mencolok untuk sofa, bantal sofa, atau hiasan dinding.
Warna putih, gading, abu-abu, cokelat bersifat netral. Warna-warna tersebut fleksibel bila dipadukan dengan warna aksen yang mencolok untuk membangkitkan semangat kerja.

Warna hijau bisa membangkitkan kesegaran, emosi yang tenang, dan meningkatkan konsentrasi. Warna kuning yang optimistis bisa membangkitkan vitalitas kerja, tapi bila dominan bisa mengganggu konsentrasi kerja Anda. Warna ungu bisa merangsang imajinasi dan membangkitkan respons yang positif.


Tag: , , , , , , ,