trans sumatera- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Waskita Toll Road Menyatakan Ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Bisa Beroperasi Pada November 2019. Jalan Tol Ini Merupakan Bagian dari Trans Sumatera (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang dipastikan akan beroperasi pada awal November 2019. Ruas ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Proyek pembangunan jalan Tol Kayu Agung-Palembang sudah memasuki tahap akhir. Waskita Toll Road menyatakan ruas Tol Kayu Agung-Palembang beroperasi pada awal November 2019.

Ruas tol yang bakal dibuka untuk publik ini adalah Seksi I yang menghubungkan Kayu Agung, Ogan Komering Ilir dengan Jakabaring, Palembang.

Baca juga: Yogyakarta Akan Punya Tiga Jalan Tol, Salah Satunya Jalan Tol Yogyakarta-Solo

Kayu Agung merupakan salah satu kecamatan dan juga ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kota ini berjarak sekitar 65 kilometer dari ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

“Seksi I yang akan dibuka terlebih dahulu, panjangnya sekitar 33,5 kilometer,” ujar Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto seperti dikutip dari situs berita online Kompas.com.

Pada 15 Agustus 2019, perkembangan pembangunan ruas Tol Kayu Agung-Palembang ini telah mencapai 76,74 persen. Tetapi, sebenarnya hal ini meleset dari jadwal.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Selesai Pada September 2019

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merangkum data monitoring progres pembangunan Tol Trans Sumatera. Pencapaian ini meleset dari target 99,72 persen.

BPJT menyatakan terdapat deviasi konstruksi sebesar 22,98 persen. Waskita Toll Road memiliki waktu kurang dari dua bulan untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol ini.

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Terdiri dari Tiga Seksi

Ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini terdiri dari tiga seksi. Pertama, Kayu Agung-Jakabaring (Palembang) sepanjang 33,5 kilometer. Kedua, Seksi II Jakabaring-Musilandas sepanjang 33,9 kilometer, dan Seksi III Musilandas-Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Musilandas berada di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Sementara Betung adalah salah satu kecamatan di kabupaten yang sama.

BPJT melansir data perkembangan pembangunan dua seksi ini. Progres konstruksi ruas Tol Jakabaring-Musilindas baru mencapai 44,9 persen dari target 99,68 persen. Sementara perkembangan konstruksi Musilindas-Bentun baru mencapai 5,85 persen.

Secara keseluruhan, pembangunan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini baru mencapai 46,33 persen. By the way, biaya pembangunan ruas jalan tol ini mencapai Rp17,35 triliun. Rinciannya adalah biaya konstruksi mencapai Rp9,84 triliun dan pengadaan lahan Rp450 miliar.

Ruas Tol Ini Bagian dari Tol Trans Sumatera

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini merupakan bagian dari Trans Sumatera. Rencananya, Trans Sumatera memiliki panjang lebih dari 2.800 kilometer yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini memiliki singkatan Kapaltung, namun ada juga yang menyebutnya Kapal Betung. Ruas tol ini termasuk salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia. Sejumlah ruas tol di Trans Sumatera memang memiliki rute yang panjang.

Jika ruas tol ini telah bisa beroperasi, maka masyarakat bisa menempuh perjalanan dari Lampung ke Sumatera Selatan bisa melalui jalan tol. Sebelumnya, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer beroperasi secara penuh. Ruas tol ini seluruhnya berada di Lampung.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Jangan Lupa Isi E-Toll yang Banyak

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah beroperasi secara fungsional selama mudik Lebaran 2019. Ruas tol ini menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan.

Sementara ruas Tol Pematang Panggang-Kayu Agung juga sudah beroperasi secara fungsional selama Idul Fitri 2019. Tol ini berada di Sumatera Selatan.

Bagikan: 2313 kali