Biro Arsitek Asal Norwegia, Snohetta Mendesain Restoran Bawah Air Pertama di Eropa (Foto: Rumah123/Dezeen)

Sebuah restoran bawah air terbesar di dunia akhrinya selesai dibangun. Restoran ini juga bisa menjadi tempat penelitian maritim. Kayaknya asyik ya makan sambil ditemani biota laut.

Biro arsitek asal Norwegia, Snohetta mendesain bangunan. Restoran bernama Under ini berada di kawasan terpencil Baly, Norwegia.

Bangunan ini mempunyai luas 495 meter persegi. Bentuknya sepeti periskop yang tenggelam. Periskop adalah teropong yang biasa digunakan di kapal selam.

Baca juga: Rumah Sempit yang Cocok Buat Bangsa Pelaut

Restoran dapat menampung 40 orang. Restoran ini juga menjadi restoran bawah air pertama di Eropa. Selain menjadi tempat makan, bangunan ini juga dapat digunakan untuk pusat penelitian maritim.

Arsitek memasang jendela besar pada bagian yang menghadap laut sehingga tamu restoran bisa melihat pemandangan bawah laut.

“Bagi kebanyakan bagi kami, ini pengalaman dunia yang baru. Ini bukan akuarium, ini adalah kehidupan dari Laut Utara. Ini menjadikannya lebih menarik. Ini membawa kamu langsung ke alam liar,” ujar lead architect Snohetta, Rune Grasdal kepada Dezeen.

Baca juga: Pesepakbola Emiliano Sala Hilang di Laut, Anjing Peliharaannya Setia Menanti di Rumah

Arsitek mendesain bangunan ini dengan sederhana. Bentuknya monolitik alias seperti kotak beton sepanjang 34 meter.

Bentuk dindingnya seperti kurva dengan ketebalan hingga setengah meter. Arsitek mendesainnya agar tahan terhadap ombak besar dan tekanan air.

Pada bagian luar bangunan, fasad dibiarkan terekspos kasar agar biota laut dapat menempel. Hal ini dilakukan untuk menciptakan karang buatan yang juga bisa membantu memurnikan air dan membuat bangunan menjadi lebih menarik.

Kalau Norwegia punya restoran dan pusat penelitian bawah laut, apa kabarnya Indonesia ya? Kan Indonesia negara maritim ya.

Baca juga: Siapa Mau Merasakan Sensasi Bobo Bareng Ikan di Dalam Laut

Restoran Ini Seperti Periskop Kapal Selam yang Tenggelam. Bangunan Ini Memiliki Luas 495 Meter Persegi dan Bisa Menampung 40 Tamu (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 462 kali