Ilustrasi Rumah (Rumah123/Realestate.com.au)

Buat kamu yang tinggal di Jakarta atau kota besar, pasti sering menggunakan ojek online atau transportasi online seperti Grab atau Uber. Pernah ngobrol dengan driver-nya?

Coba deh ngobrol dengan mereka. Jangan heran kalau mereka hanya menjalani profesinya sebagai sambilan. Beneran lho.

Baca juga: Milenial Punya Rumah Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya Buat Orang Tua Lho

Tidak sedikit mereka yang ikut bergabung dengan transportasi online itu sebenarnya hanya pekerjaan sampingan. Mereka masih punya pekerjaan utama.

Pada hari kerja, mereka bisa membawa sendiri kendaraannya. Sementara pada akhir pekan alias Sabtu-Minggu, mereka menyewakan mobil.

Baca juga: Punya Rumah Sendiri, Milenial Bisa Bebas Berkarier Lho

Kenapa mereka melakukan pekerjaan sampingan kalau memiliki pekerjaan utama? Perencana keuangan atau financial planner Kaukabus Syarqiah CFP memaparkannya. Banyak dari orang yang ingin memiliki sesuatu mulai dari mobil, rumah, hingga tabungan.

Kalau mengandalkan pendapatan alias gaji dari pekerjaan utama tidaklah cukup. Maka pekerjaan sampingan pun harus dilakoni.

Baca juga: Pesan Buat Milenial: Punya Rumah Dulu, Baru Nikah

“Pengen banget punya rumah, gaji nggak cukup, harus ada penghasilan tambahan, butuh tambahan pemasukan. Nggak bisa di Jakarta kalau satu income,” ujar Kaukabus kepada Rumah123.

Perempuan yang akrab disapa Kiki ini tidak memungkiri kalau memang nggak semua orang bisa tercukupi kebutuhannya dari satu pemasukan khususnya dari pekerjaan utama. Kalau nggak cukup ya, cari penghasilan tambahan.

Baca juga: Co-Living Bisa Jadi Solusi Hunian Murah untuk Milenial

Kiki menyatakan tidak perlu malu atau ragu melakukan pekerjaan tambahan selama profesi itu halal dan tidak mengorbankan waktu pekerjaan utama. Banyak pekerjaan yang dapat dilakoni oleh generasi milenial yang ingin menambah pendapatan apalagi kalau ingin mengumpulkan uang muka (down payment) hunian dan kemudian mencicil rumah atau apartemen.

Pilihan pekerjaan saat ini semakin banyak. Kalau kamu memiliki motor atau mobil, coba saja jadi driver transportasi online.

Baca juga: Bank Mana sih yang Jadi Pilihan Milenial?

Kalau kamu memang aktif di dunia sosial media, banyak yang mendapatkan uang sebagai selebgram atau berjualan secara online. Atau kamu bisa menjadi pembawa acara, penulis, konsultan, dan masih banyak lagi.

Nah, banyak kan pilihannya. Kamu bisa menyisihkan honor dari pekerjaan sampingan ini untuk menabung DP dan kemudian cicilan hunian. Selamat melakukan pekerjaan sampingan, jangan lupa jaga kesehatan ya.

Bagikan: 929 kali