Apartemen yang Ditempati oleh Trevor Mazurek dan Alison Mazurek di Vancouver, Kanada (Rumah123/Organized Home)

Saat kamu memutuskan tinggal di apartemen, kamu harus berpikir panjang bagaimana menyesuaikan diri untuk tinggal di hunian sempit. Apalagi kalau sebelumnya kamu tinggal di rumah tapak (landed house).

Pasangan Trevor Mazurek dan Alison Mazurek memberikan beberapa saran bagaimana menyesuaikan hal ini. Mereka sempat tinggal di sebuah apartemen di Vancouver, Kanada.

Baca juga: Siapa Mau Kuliah di Kampus Masa Depan?

Saat itu, Alison baru melahirkan anak pertama dan memilih tinggal di apartemen. Sekarang, pasangan ini telah memiliki dua orang anak.

Selama lima tahun, pasangan ini tinggal di apartemen seluas 55 meter persegi. Hmm, kalau di Indonesia ukurannya malah lebih besar dari apartemen 3 bedroom ya?

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Namun, kalau di luar negeri, ukuran apartemen ini tergolong biasa saja atau mungkin kecil. Lantaran tidak terlalu luas, mereka harus menyesuaikan diri.

Salah satu yang mereka tidak bisa miliki adalah buku dan majalah. Mereka pun tidak bisa memiliki perpustakaan atau lemari buku. Sebelumnya, mereka memang mengoleksi cukup banyak buku.

Baca juga: Perpustakaan Ini Didesain Seperti Mata yang Besar, Pinjam Buku Di Sini Yuk!

Malah untuk menyimpan buku, Alison dan Trevor menaruhnya di atas kitchen set. Wah, saking nggak punya tempat penyimpanan ya.

“Kamu membuang hampir semua buku dan majalah kami. Sekarang, kami menggunakan perpustakaan, audiobook, atau memberikan saja buku yang telah kami baca. Kami menggunakan prinsip satu masuk, satu keluar, kecuali untuk buku anak,” ujar Alison Mazurek kepada situs desain interior Organized Home.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Simpel banget bukan. Ada banyak tempat peminjaman buku seperti perpustakaan. Kamu hanya perlu meminjam dan mengembalikannya. Jadi tidak perlu lemari buku, apalagi perpustakaan ketika buku selesai dibaca.

Pilihan lainnya adalah audiobook. Buku digital ini hanya perlu diunduh atau download. Setelah selesai dibaca, kamu hanya perlu menyimpannya. Jadi ngapain punya lemari atau perpustakaan kalau tinggal di apartemen sempit?

Bagikan: 737 kali