Ilustrasi Do It Yourself (Rumah123/Apartment Therapy)

Pernah mendengar singkatan DIY? Mungkin kamu mengira ini singkatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Memang benar sih, namun DIY yang dimaksud adalah Do It Yourself. Kira-kira kalau diartikan lakukan saja sendiri atau membuatnya sendiri.

Baca juga: Cuman Perlu Dua Orang Buat Bangun Rumah Ini

Banyak hal yang dapat dilakukan sendiri, salah satunya soal desain interior, dekorasi, hingga perawatan rumah. Sederetan keuntungan didapatkan kalau melakukan sendiri lho.

Kamu bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli. Kamu bisa melakukan sesuatu terhadap alam karena bisa menggunakan barang yang usang alias reused, memanfaatkan lagi barang bekas atau recycle.

Baca juga:  Hunian Khusus Buat Keluarga yang Kreatif

Selain itu, kamu bisa menggunakan barang-barang ramah lingkungan. Hal ini terjadi karena kamu memakai bahan yang tidak merusak lingkungan terutama untuk pembersih ruangan, peralatan makan, atau peralatan memasak.

Dua situs yaitu Apartment Therapy dan Kitchn memberikan sederetan ide DIY yang membuat kamu bisa menghemat pengeluaran, kamu mengerjakannya dengan mudah, dan juga menjadikan kamu lebih kreatif.

Baca juga:  Ruang Duduk yang Bikin Mood Jadi Happy

Kamu bisa membuat pembersih rumah tangga, pasta gigi, tirai, rak dinding, headboard ranjang, bantal lantai (floor cushion), lampu, makanan, dan lainnya.

Nah, kalau kamu bisa membuat beberapa hal sendiri, coba deh hitung penghematan yang bisa dilakukan. Buat kamu yang sedang mengumpulkan uang muka atau down payment (DP), lumayan lho kalau bisa menghemat beberapa ratus ribu per bulan.

Baca juga:  Kayak Gimana Sih Kalau Arsitek Bikin Rumah untuk Dirinya Sendiri?

Begitu juga dengan kamu yang sedang mencicil hunian lewat kredit pemilikan apartemen (KPA) atau kredit pemilikan rumah (KPR), lumayan kan kalau ada penghematan.

Bagikan: 2953 kali