The Masbaha is also known as Tasbih photographed here with the Quran, Arabic Tea and dried dates - all symbols of Ramadan Ilustrasi: Rumah123/iStock

Ramadan telah tiba. Ngabuburit, yakni mengisi waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa, pun kembali menjadi tren.

Nah, untuk yang menghabiskan waktu di rumah menjelang buka puasa, ada beberapa aktivitas yang bisa lakukan. Apa saja sih?

Beberes Rumah 

Membersihkan rumah dapat kamu jadikan sebagai aktivitas pengisi waktu yang sangat bermanfaat. Selain rumah jadi bersih, beberes juga membuat waktu berpuasa tak lagi terasa lama.

Baca juga: Rumah Islami di Bawah Rp400 Jutaan, Mau?

Untuk menghindari kelelahan, lakukanlah aktivitas yang tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Misalnya, mengelap meja, menyusun ulang rak buku berdasarkan abjad, atau memilah dan membuang mainan anak yang tak terpakai.

Memasak Ta'jil

Cobalah juga memasak. Kamu bisa memasak ta'jil dan menu berbuka untuk sekeluarga.

Eksplor menu-menu baru yang mungkin bisa kamu hidangkan untuk keluarga. Pastikan kamu menaruh takaran yang tepat agar rasanya tetap terjaga walau kamu tak dapat mencicipi masakan tersebut.

Olah Raga Ringan 

Berpuasa bukan berarti kamu boleh malas-malasan. Justru semakin kamu bermalas-malasan semakin terasa lama waktu berbuka. Maka itu, sambil menunggu waktu berbuka lakukanlah olah raga ringan di rumah.

Kamu bisa mencoba lakukan beberapa gerakan yoga, atau lari santai di treadmill. Kamu juga bisa meniru beberapa gerakan senam dari DVD atau VCD.

Badan yang segar dan tetap bugar tentunya kamu butuhkan untuk menunjang kualitas ibadahmu selama sebulan penuh, bukan?

Baca juga: Ramadan, Minat Renovasi Rumah Meningkat

Berkebun 

Kebun yang indah tentu akan enak dipandang mata. Jika biasanya kepadatan aktivitas membuatmu tidak sempat merapikan kebun, kamu dapat manfaatkan waktu menunggu berbuka ini.

Lakukan kegiatan yang mudah saja. Rapikan rumput-rumput membandel atau parasit yang tumbuh pada pot tanamanmu. Kamu juga dapat menyemprot tanamanmu.

Jadi bagaimana, siapa menjalani ibadah puasa? Selamat beribadah!

 (Vri)

Bagikan: 1541 kali