Cara Bayar Tiket LRT Jakarta- Rumah123.com Operator LRT (Lintas Rel Terpadu/Light Rail Transit), PT LRT Jakarta Menjalin Kerja Sama dengan Lima Bank Nasional Untuk Pembayaran Tiket LRT (Foto: Rumah123/Getty Images)

LRT Jakarta telah menyiapkan sistem pembayaran tiket menggunakan kartu elektronik dari lima bank. Operator sudah mempersiapkan meski LRT Jakarta belum beroperasi secara komersial.

Pengelola LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jakarta, PT LRT Jakarta memang masih melaksanakan tahap uji publik LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun. Namun, operator sudah mempersiapkan sistem pembayaran.

Situs Detik.com mengutip pernyataan Manajer Humas PT LRT Jakarta, Melissa Suciati menyatakan perusahaan sedang melaksanakan pengembangan untuk membuat kartu-kartu uang elektronik dari beberapa bank.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 2021, Sudah Punya Rumah di Cibubur Atau Bekasi?

Nantinya, kartu-kartu uang elektronik ini dapat digunakan untuk pembayaran tiket LRT Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan tarif LRT Jakarta secara flat yaitu Rp5.000.

PT LRT Jakarta telah bekerja sama dengan lima bank pemerintah dan swasta nasional seperti Bank DKI, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Bank-bank ini mempunyai kartu elektronik yang telah dikenal oleh masyarakat.

 

Integrasi dan Uji Internal Kartu Elektronik Perbankan

PT LRT Jakarta masih melaksanakan integrasi dan uji internal untuk sistem pembayaran yang menggunakan kartu elektronik dari lima perbankan tersebut. Nantinya, Bank Indonesia sebagai regulator bakal diundang guna menguji kartu elektronik.

Setelah uji coba, nantinya operator LRT bisa mendapatkan ijin dari Bank Indonesia. Usai tahapan ini, masyarakat bisa menggunakan kartu elektronik untuk membayar tiket LRT Jakarta.

Sejumlah transportasi massal seperti kereta rel listrik (KRL) commuter line, bus Transjakarta, dan MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) sudah menggunakan kartu elektronik untuk pembayaran tiket.

 

LRT Siapkan Pembayaran Tiket dengan Kartu Jakpro

LRT Jakarta juga telah menyiapkan pembayaran tiket dengan menggunakan kartu Jakpro. Operator telah melaksanakan tes tapping kartu Jakpro ini dalam uji publik LRT Jakarta beberapa waktu lalu.

“Dari sisi pembayaran saja sudah siap pakai kartu kita dari Jakpro ya, sudah bisa di-tap. Uji publik juga sudah pakai kartu itu untuk diuji keandalan di gate-nya, sejauh ini nggak ada masalah, lancar-lancar aja semua,” ujar Melissa seperti dikutip oleh Detik.com.

Melissa menyatakan jika LRT Jakarta beroperasi secara komersial dalam waktu dekat, kartu Jakpro ini dapat menjadi alat pembayaran dan tiket.

 

LRT Masih Jalani Uji Coba dan Belum Beroperasi Secara Komersial

LRT Jakarta masih menjalani uji coba sejak 11 Juni 2019. Sebelumnya, kereta layang ini juga sempat melakukan uji coba pada tahun lalu. Sebenarnya, LRT Jakarta dipersiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, namun urung karena belum selesai. Justru Palembang yang mengoperasikan LRT terlebih dahulu.

Kereta layang ini merupakan fase pertama dari LRT Jakarta. Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk memperpanjang rute hingga ke Dukuh Atas. Sebelumnya, ada rencana tujuh rute LRT di dalam kota Jakarta.

Sementara itu, ada LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi). LRT Jabodebek akan memiliki tiga jalur yaitu Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas. Sejumlah kota lainnya seperti Surabaya, Semarang, dan Bandung juga berencana membangun LRT.

Baca juga: LRT Sumut Dibangun Mulai 2020, Yuk Investasi Properti di Medan

Baca juga: Rute LRT Jakarta Akan Diperpanjang, Ke Mana Saja Ya?

Bagikan: 3258 kali