Six pairs of shoes on a shelf in the hallway in the house for the whole family: dad's, mama's and child. Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Di mana kamu biasanya menaruh sepatu? Di dalam rak sepatu yang ditempatkan di rumah. Hmm, ternyata itu kesalahan besar.

Setelah membaca ulasan artikel ini, sepertinya kamu harus berpikir ulang untuk melakukannya apalagi kalau kamu sampai masih memakai sepatu ketika di dalam rumah.

Baca juga: Dapur Selalu Bersih, Makanan pun Jadi Sehat

Selain itu, kamu tidak boleh melupakan untuk selalu membersihkan alat pembersih. Lho, kok begitu? Makanya kamu harus menuntaskan artikel keempat ini.

Ketujuh, tidak menaruh sepatu dalam rumah. Hmm, kayaknya sulit ya untuk tidak masuk ke rumah tanpa mencopot sepatu terlebih dulu.

Baca juga: Ayo, Jadikan Rumah Kamu Sehat dengan Cahaya Alami

Sebuah riset menunjukkan kalau sederetan bahan kimia yang digunakan pada halaman rumah atau lapisan batu bara yang digunakan untuk jalan aspal bisa ditelusuri hingga ke rumah lewat sepatu yang kamu gunakan!

Ingat lho, kalau semua itu adalah zat beracun yang bisa membahayakan kamu dan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Siapa Mau Punya Rumah Bersih dan Sehat?

Kotoran yang mungkin menempel pada sepatu bisa membawa kuman, sedangkan kerikil yang menempel pada sepatu bisa merusak lantai terutama lantai kayu alias parket.

Lantas bagaimana dong? Kamu harus membiasakan untuk mencopot sepatu sebelum masuk rumah. Kemudian biasakan juga menyimpan sepatu di rak atau lemari sepatu yang ditempatkan di luar rumah seperti garasi. Gampang kan?

Baca juga: Mau Rumah Sehat? Bikin Dong Pencahayaan Alami Seperti Rumah Ini

Kedelapan, rajin membersihkan spons cuci piring setiap pekan. Ini merupakan hal penting untuk membersihkan peralatan kebersihan.

Spons adalah alat mencuci piring yang kamu gunakan setiap hari. Kamu tidak perlu mengganti spons yang kotor, kamu hanya perlu membersihkannya secara rutin.

Baca juga: Ayo, Atur Dapur dan Biasakan Makan yang Sehat

Kalau tidak dibersihkan secara rutin, maka bayangkan kalau spons kotor itu kamu gunakan untuk mencuci peralatan makan.

Apa jadinya kalau kotoran, bakteri, dan kuman berpindah dari spons ke peralatan makan? Aduh, bayangkan kalau semua kotoran itu juga bisa masuk ke perut kamu! Aduh, jangan sampai hal itu terjadi ya.

Baca juga: Bagaimana Mau Sehat kalau Alat Ini Ga Dirawat?

Sebenarnya, bukan hanya spons yang perlu kamu bersihkan tetapi juga sapu, kain pel, atau peralatan pembersih lainnya.

Peralatan pembersih harus bersih dan tidak boleh kotor. Apa gunanya peralatan pembersih yang kotor? Kamu sama saja membuat rumah semakin kotor.

Baca juga: Yuk, Hidup Sehat di Rumah Saat Musim Hujan Datang

Hmm, tinggal dua tips lagi yang tersisa. Kamu nggak boleh melewatkannya kecuali kamu memang tidak berniat hidup sehat di rumah.

Bagikan: 668 kali