Panitia Penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo di Jepang Telah Menyiapkan Musala Berjalan (Rumah123/Al Araby)

Olimpiade 2020 Tokyo masih dua tahun lagi. Namun, tuan rumah sudah bersiap dengan segala hal termasuk menyiapkan musala berjalan.

Sebuah truk berukuran besar dengan cat biru dan putih telah diperkenalkan di Toyota Stadium, Toyota City, Jepang. Truk ini merupakan mesjid atau musala berjalan.

Baca juga: Wuih, Betapa Indahnya Desain Arsitektur Museum of Islamic Art

Pengenalan truk ini memang dilakukan di kota yang sama dengan kantor pusat produsen musala berjalan ini, Toyota. Stadion ini juga menjadi tempat perhelatan Olimpiade 2020 sekaligus home base klub Jepang, Nagoya Grampus.

Truk seberat 25 ton ini memiliki bagian belakang yang diubah menjadi musala. Luasnya mencapai 48 m2 dan bisa menampung 50 jamaah.

Baca juga: Gunakan Batu Alam, Masjid Ini Seolah Menyatu dengan Lingkungan Padang Pasir

Panitia penyelenggara Olimpiade 2020 berharap kalau para pendatang dari negara-negara Islam atau pun mereka yang Muslim merasa nyaman saat berada di Jepang. Olimpiade akan diikuti oleh hampir seluruh negara di dunia termasuk sejumlah negara dengan penduduk Muslim yang berasal dari Asia Tenggara, Timur Tengah, atau Afrika.

Chief Executive Officer Yasu Project, Yasuharu Inoue menyatakan ada kemungkinan kalau tidak cukup musala atau mesjid bagi pengunjung Muslim yang datang melihat olimpiade. Hal ini harus disadari oleh tuan rumah yang ingin menjadi bagian komunitas internasional.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

“Sebagai negara terbuka dan menyambut tamu dengan ramah, kami ingin membagi ide omotenashi atau keramahtamahan khas Jepang kepada masyarakat Muslim,” ujar Inoue kepada New York Times.

Musala berjalan ini dilengkapi fasilitas berwudhu yang ada di bagian luar mobil. Jadi setelah bersuci, orang bisa langsung shalat di musala ini.

Wah, hebat juga kalau Jepang sudah mempersiapkan diri untuk menyambut tamu dan peserta Muslim pada Olimpiade 2020 mendatang. Kamu datang sebagai atlet atau turis?

Baca juga: Mau Bikin Musala Kekinian Seperti Ini di Rumah?

Musala Berjalan Ini Dapat Menampung 50 Jamaah (Rumah123/Manila Bulletin Sports)
Bagikan: 659 kali