Ilustrasi pasangan sedang memikirkan cara bayar utang di tahun depan - Rumah123.com Ilustrasi pasangan sedang memikirkan cara bayar utang di tahun depan - Rumah123.com

Hidup di zaman serba digital dan serba transparan seperti sekarang tentu membuat aplikasi kredit menjadi semakin mudah. Aplikasi pinjaman online, kredit kendaraan bermotor, maupun kredit kepemilikan rumah semakin mudah didapat.

Namun dibalik semua kemudahan yang didapatkan itu ada bahaya laten yang harus kamu sadari, yaitu menumpuknya utang akibat aplikasi kredit dan pinjaman yang terlalu banyak dan mudah untuk didapat.

Utang yang makin lama makin menumpuk tentu bikin pusing tujuh keliling. Ditambah lagi setiap tahunnya bunganya pasti bertambah besar. Nah, tentu kamu gak pengen kan menyambut tahun baru dengan utang bertumpuk?

Lalu bagaimana sih caranya supaya membuka tahun tanpa utang yang bikin stress? Yuk simak poin penjelasan dibawah!

Jangan Tambah Utangmu!

Cara pertama untuk terbebas dari utang ya dengan tidak menambah utang itu sendiri!

Banyak orang yang melunasi utang dengan berutang di tempat lain. Namun itu sama saja dengan gali lubang tutup lubang. Tidak menyelesaikan masalah yang ada. 

Solusinya. Sebisa mungkin, sisihkan semua pendapatanmu sebesar 10 hingga 20% untuk mencicil utangmu. Tingkatkan jumlahnya tiap bulan untuk membayar utangmu agar cepat lunas dan tidak menumpuk

Jauhi Gaya Hidup Tinggi

Bergayalah sesuai dengan isi dompet! Jangan mudah nafsu untuk membeli barang atau jasa yang sebetulnya kita tidak butuhkan atau hanya karena bagus dan keren alias BPJS (Bujet Pas-pasan Jiwa Sosialita).

Jika kamu dalam kondisi genting memiliki banyak utang seperti ini, kamu harus hidup minimalis. Hiduplah minimal memenuhi semua kebutuhan dasar sehingga kamu dapat menyisihkan uang untuk membayar semua utangmu.

Jual Barang-Barang Hobimu

Di saat genting seperti ini tentu hobi menjadi salah satu yang harus dikorbankan. Coba cek lagi barang barang hobi yang kamu miliki. Barang barang hobi yang memiliki kondisi terawat tentu memiliki harga yang lumayan sehingga bisa kamu jual dan pergunakan uangnya untuk membayar semua utangmu

Baru nanti setelah semua utangmu terbayar. Kamu bisa kembali membeli barang hobimu seperti yang kamu inginkan. Tapi ingat! Belinya jangan ngutang lagi ya!

Cari Tambahan Penghasilan

Bilamana mengirit uang dan menyisihkan pendapatan belum jadi solusi atas utang-utangmu. Maka yang harus diperbesar adalah jumlah income atau penghasilan.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu kerjakan di luar pekerjaan tetapmu seperti berjualan barang online, menarik ojek atau taksi online, penulis lepas, desainer grafis lepas dan masih banyak lagi yang bisa menambah penghasilan kamu.

Jangan malu untuk bekerja sampingan seperti ini. Toh utangmu tidak akan terbayar dengan  gengsi bukan?

Nah. Bagaimana guys? Mau tahun baruan ga kepikiran utang? Coba deh terapin cara cara diatas. Dijamin ampuh!

Bagikan:
7379 kali