OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mukoddas Syuhada, Sang Pejuang Revolusi Bambu (2)

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Inge Mangkoe

Mukoddas Syuhada (Foto: IST)

Lalu pada 2011, Mukkodas Syuhada membentuk LSM Banten Creative Community (BCC) yang merupakan komunitas orang-orang kreatif untuk menjaga dan melestarikan peradaban di Banten. Setahun kemudian, yakni pada 2012, ia mengadakan Workshop Bambu di Kota Tangsel dan berhasil mengumpulkan para pegiat bambu untuk memperkuat Komunitas Bambu Nusantara.

Sejak 2013 sampai sekarang, ia terus menggelorakan Revolusi Sebatang Bambu untuk mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan Papan, Pangan, Sandang, Pertahanan, Keamanan, Pendidikan, Kesehatan, Energi, dan Lingkungan.

’’Pada tahun itu, kami mulai membangun sarana dan prasarana dengan bambu. Menanam bambu sesuai dengan visi misi sampai tahun 2025 tertanam bambu di lahan seluas 32.000 hektar di Provinsi Banten,” katanya saat ditemui Rumah123 di Akademi Bambu Nusantara (ABN), Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (26/7/2016).

Baca juga: Dari Bambu, Tercipta Furnitur dan Rumah Unik

“Sosialisasi terus kami lakukan dengan cara mengikuti event-event atau pameran, juga dengan mengadakan wisata edukasi bambu Nusantara yang di dalamnya ada kegiatan workshop, penanaman bambu dan pendataan bambu,’’ tutur Mukoddas

Ia lantas menerangkan bahwa tak ada yang tersisa dari bambu, yang terbuang si-sia. Semua bisa kita manfaatkan. Bambu juga merupakan tanaman yang pintar.

’’Sebelum tumbuh, selama tiga tahun pertama sejak ditanam, bambu akan memperkuat akarnya dulu. Bambu juga akan mencari sumber air sendiri. Jika di situ ada sumber air, ia akan menjaganya,’’ kata Mukoddas.

Baca juga: Mukoddas Syuhada, Sang Pejuang Revolusi Bambu (1)

Filosofi ini yang akhirnya ia jadikan modal dasar untuk membentuk ABN, yakni memperkuat komunitasnya terlebih dahulu. Misi ke depan yang diusung Mukoddas, boleh dibilang sangat luar biasa. Ia ingin pada 2025 nanti, Indonesia menjadi negeri berumpun bambu.

’’Cita-cita lain adalah menjadikan bambu sebagai kedaulatan dan ketahanan papan, pangan, sandang, pertahanan, keamanan, energi, kesehatan, dan lingkungan Indonesia,’’ ujarnya menambahkan.

Lalu, apa saja produk bambu yang saat ini sudah dihasilan ABN? Mukoddas lantas mengajak tim redaksi Rumah123 berkeliling ABN Serpong. Di sana, ia menunjukkan beberapa produk dari bambu. Antara lain, sepeda bambu, rumah bambu, rumah oksigen, instalasi bambu, kerajinan bambu, musala bambu, toilet bambu, gazebo bambu, dan saung ngaji. Pokoknya serba-bambu deh!

(Selesai)


Tag: , ,