Mudik Lebaran- Rumah123.com Saat Mudik Lebaran, Tidak Ada Salahnya Untuk Berwisata Kuliner, Wisata Budaya, Atau Wisata Alam. Pastikan Dana Traveling Ini Tidak Mengganggu Tabungan Uang Muka Membeli Rumah Atau Cicilan Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Mudik lebaran bisa dimanfaatkan untuk melakukan traveling. Namun, kamu mesti ingat kalau hal ini tidak boleh mengganggu rencana membeli rumah. Traveling jalan terus, tetapi tabungan DP atau cicilan rumah masih aman.

Ritul mudik lebaran sepertinya wajib dilakukan. Begitu juga dengan traveling. Tetapi, jangan sampai kedua hal ini menggagalkan upaya mengumpulkan tabungan uang muka atau down payment (DP) membeli rumah atau apartemen, atau mengganggu cicilan KPR/KPA (kredit pemilikan rumah/kredit pemilikan apartemen).

Saat mudik, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk melakukan traveling. Jangan mengira kalau traveling harus ke luar negeri lho. Wisata sepanjang Pantura/Pansela (pantai utara Jawa/pantai selatan Jawa) juga tidak kalah keren.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran: Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

Selain itu, kuliner sepanjang Pantura dan Pansela pun tidak kalah menggugah selera. Jangan sampai lho, kamu sudah pernah ke Jepang atau Turki, tetapi belum pernah melihat pantai selatan Jawa.

Jangan bikin malu juga kalau kamu biasa menyantap kuliner Italia, tetapi tidak pernah tahu kelezatan kuliner nusantara. Buat yang lagi mudik, manfaatkan momen ini untuk berwisata kuliner dan wisata alam.

Tetapi, hati-hati ya, belakangan ada sejumlah tempat makan yang mematok harga tidak masuk akal. Jadi tidak ada salahnya untuk bertanya harga terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Kalau kamu mudik melalui kawasan Pantura, kamu tidak perlu harus berada di jalan Tol Trans Jawa. Jika sudah bosan, keluar saja dari jalur tol dan mencari wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner di kota terdekat.

Cirebon, Semarang, Pemalang, Pekalongan, Ngawi, Surabaya, hingga Malang memiliki banyak pilihan wisata kuliner. Banyak pilihan kuliner yang terjangkau.

Begitu juga dengan wisata alam dan budaya di sepanjang jalur ini. Kamu bisa mengunjungi waduk, air terjun, kraton, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Tanpa Perlu Khawatir Mabuk dalam Perjalanan

Hal yang sama juga bisa kamu dapati kalau mudik melalui jalur Pansela. Jalur ini memang tidak memiliki jalur tol. Namun, bisa menjadi keuntungan saat kamu ingin beristirahat.

Wisata alam terutama pantai sepanjang Pansela tidak dapat diabaikan. Tidak hanya Pangandaran, Parangtritis, tetapi juga pantai-pantai di Pacitan hingga Malang juga punya pemandangan indah.

Sementara pilihan wisata budaya memang lebih banyak di Yogyakarta, namun sejumlah kota kecil di jalur Pansela juga punya destinasi wisata menarik. Jangan main ke mall melulu ya.

Baca juga: Tidak Usah Pusing Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

Wisata kuliner, wisata alam, dan wisata budaya tentunya tidak akan membuat kantong jebol. Tentunya tidak semahal traveling ke luar negeri. Berapa sih seporsi nasi gudeg? Paling hanya Rp25 ribu. Biaya masuk Kraton Yogyakarta saja hanya Rp10 ribu lho.

Jadi kamu bisa mudik sekaligus traveling, tapi tabungan DP atau cicilan KPR/KPA masih aman. Tidak perlu khawatir lagi.

Bagikan: 346 kali