Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Mudik di zaman sekarang tuh banyak alternatif transportasinya. Gak harus lewat tol pake mobil pribadi atau bus umum, bisa juga pake pesawat. Pilih pake kereta api pun oke. Bahkan, sekarang ini PT KAI (Kereta Api Indonesia) punya layanan mudik dengan kereta mewah atau sebutan kerennya Sleeper Train atau KA Sleeper. Tahun ini PT KAI menyediakan 4 gerbong yang punya fasilitas kursi tidur.

Kereta kelas luxury jenis sleeper ini sudah mulai beroperasi perdana pada Selasa, 12 Juni 2018. Gerbongnya dirangkaian ke KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasarturi (pp).

Baca juga: Mudik Nyaman dengan Interior Kereta Menawan

Namanya juga kereta mewah, harga tiketnya pun lumayan lho! Direktur Utama PT KAI, Eddy Sukmoro, mengatakan, selama sebulan, muali 12 Juni 2018 hingga 25 Juni 218, harga tiket kereta mewah Rp900.000. Mahal? Wah, segitu itu baru harga promo lho!

"Harga promo Rp900.000 ini tujuannya untuk mencari tahu apakah masyarakat berminat apa nggak untuk model seperti gini. Normalnya nanti, tapi akan lebih tinggi sedikit dibanding priority, tapi test market dululah apakah ini diminati," kata Eddy seperti dikutip detikFinance, Selasa (12-6-2018).

Baca juga: Jangan Lupa, Mudik Bisa Juga Lewat Jalur Pansela Lho!

Menurut detikFinance tersebut, di gerbong KA sleeper ada layanan eksklusif seperti kelas bisnis di pesawat, yang bisa dinikmati penumpang selama perjalanan. Kursinya bisa direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, serta ada bantal dan selimut.

Apa lagi? Tersedia juga kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi. Satu kereta sleeper terdiri atas 18 orang penumpang, sehingga lebih nyaman. Di KA Sleeper ini ada layanan kelas mewah untuk makan, minum, dan camilan secara gratis.

Baca juga: Mudik Gak Mau Lewat Tol? Ya Bisa Aja Dong!

KA Sleeper dirangkai ke Kereta Api Argo Bromo Anggrek dari Relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi-Stasiun Gambir. "Kami rangkaikan gerbong ini pada jenis kereta eksklusif karena Anggrek kan di kereta reguler itu paling eksklusif ya," kata Eddy.

Satu gerbong terdiri atas 18 tempat. Dari 4 gerbong yang disediakan, hanya 3 gerbong yang dirangkai PT KAI untuk digunakan sebagai angkutan mudik tahun ini. "Kami sediakan ada tiga saja yang digunakan karena satu gerbongnya untuk cadangan," kata Eddy.

Bagikan: 1700 kali