Foto: Rumah123/Getty
 

Kamu yang tahun ini mudik Lebaran ke Sumatera punya alternatif jalur tempuh baru nih, yakni Jalan Tol Trans-sumatera. Pada lebaran 2018 ini, sejumlah Jalan Tol Trans-Sumatera yang saat ini masih digarap akan dibuka secara fungsional. Menurut data badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Kompas.com, Rabu (9-5-2018), ruas Tol Trans-Sumatera yang akan difungsionalkan sepanjang 119 kilometer (km).

Ruas tersebut meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar:

Paket 1 SS Bakauheni-SS Sidomulyo sepanjang 30,5 km.

Paket 2 SS Sidomulyo-SS Lematang sepanjang 35,6 km.

Paket 3 Branti-Metro sepanjang 12,5 km.

Paket 4 Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 9,84 km.

Dua ruas lainnya di jalan tol ini, yakni Paket 1 Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni sepanjang 8,9 km dan Paket 2 SS Lematang-SS Kotabaru. Sebelumnya, kedua ruas tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo awal 2018 ini.

Baca juga: Mana Aja Sih Tol Trans-Sumatera yang Bisa Dilewati Mudik Lebaran 2018?

Dua seksi lain dari Jalan Tol Palembang-Indralaya direncanakan juga dibuka fungsional, yaitu Seksi 2 Pamulutan-KTM sepanjang 4,9 km dan Seksi 3 KTM-Indralaya sepanjang 9,28 km. Seksi 1 Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 km, telah beroperasi menyusul peresmiannya pada Oktober 2017 lalu.

Ruas terakhir yang akan dibuka fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, terutama Segmen On Off Ramp Sementara Terbanggi Besar-Terusan Nyunyai sepanjang 22 km.

Seksi 1 Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) mulai dari SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 km. Bila nantinya seksi tersebut dioperasikan, maka akan melengkapi lima seksi sebelumnya yang telah beroperasi, yakni Seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 46 km.

Baca juga: Tahun Ini, Cuma Mobil Saja yang Bisa Melewati Jalur Mudik Trans Jawa dan Sumatera

Selain ke-5 seksi jalan tol tersebut, ada Tol Medan-Binjai sepanjang 10,46 km yang telah beroperasi. Sebelumnya, tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017.

Supaya perjalanan kamu menempuh Tol Trans-Sumatera lancar jaya, cermati lagi ruas jalan tol mana aja yang akan kamu lewati. Perhatikan juga mana yang sudah operasional dan mana yang masih fungsional. Kalau yang operasional berarti udah dikenain tarif, sedangkan yang fungsional masih gratis.

Bagikan: 1417 kali