Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Untuk mudik tahun ini, kamu emang bisa lewat Tol Trans-Jawa yang sudah mulai beroperasi. Lewat tol memang bisa memangkas waktu tempuh perjalanan mudik. Tapi, kalau kamu mau bawa mobil pribadi dan ingin perjalanan yang nyantai dan gak perlu bayar tol, bisa kok lewat jalur alternatif yakni jalur tengah.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawidjaja, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (3-6-2018), menyampaikankan, ada tiga jalan sepanjang PUlau Jawa yang bisa kamu pilih untuk mudik tahun ini. Jalur Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.341 kilometer, Pantai Selatan (Pansela) sepanjang 1.405 kilometer, dan lintas tengah sepanjang 1.197 kilometer.

Baca juga: Yuk, Bikin Kondisi Rumah ‘Normal’ Lagi Sepulang Mudik

Jalan tol yang akan dibuka fungsional kali ini memang cukup panjang, yakni sekitar 237 kilometer dari Jakarta hingga Surabaya. Beberapa ruasnya, yakni Tol Brebes Timur-Pemalang (37,3 Km), Pemalang-Batang (39,2 Km), Batang-Semarang (75 Km), Salatiga-Kartasura (32 Km), Solo-Sragen (36 Km), dan Wilangan-Kertosono (37 Km).

Menurut Endra, selain lewat tol, kondisi jalan nasional non-tol juga cukup mantap. Kalau kamu ingin ke wilayah Selatan dari Utara, maka bisa menempuh jalur Bogor-Sukabumi-Pelabuhan-Ratu. Jalur lain, misalnya, Bandung-Soreang-Ciwidey-Cidaun dan Bandung-Nagreg-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran.

Baca juga: Kalau Mudik, Jangan Lupa Lapor Pak RT Ya!

"Lalu dari Brebes Timur-Prupuk-Bumiayu menuju Purwokerto sudah lebih lancar karena empat flyover telah selesai, sehingga mengurangi kemacetan pada perlintasan kereta api," katanya.

Sekadar tau aja, pembatasan operasional truk diberlakukan mulai H-3 atau 12-14 Juni 2018 dan 22-24 Juni 2018. Selamat mudik!

Bagikan: 646 kali