cara membuat aquascape Cara membuat aquascape sendiri di rumah tidaklah sulit.  Selain dapat digunakan sebagai tempat ikan hias, aquascape juga bisa dijadikan dekorasi di rumah.  Dengan begitu, suasana di dalam hunian jadi terasa lebih asri dan hidup.  Jika kamu tertarik membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk pembuatan aquascape.  Bahan-bahan dasar yang kamu butuhkan adalah akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, hingga lampu.  Carilah bahan-bahan dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kantongmu. 

2. Dekorasi Bagian Dasar Akuarium

Cara membuat aquascape selanjutnya adalah dengan mengatur dan mendekorasi bagian dasar akuarium. Mulailah dengan menaburkan pasir halus, kamu bisa menggunakan jenis silika.  Harga pasir ini biasanya dijual dengan kisaran harga Rp10.000 per kilogram. Ketebalan pasir yang ideal di permukaan akuarium sekitar dua hingga tiga sentimeter. 

3. Beri Pupuk

Setelah pasir, kamu juga harus menaburi pupuk ke dalam akuarium.  Taburkan pupuk di bagian tengah akuarium yang memiliki dasar pasir lebih tipis. Pupuk ini nantinya akan berguna untuk membuat tanaman dapat hidup dan tumbuh dengan subur. Harga pupuk untuk aquascape juga tidak terlalu mahal.  Kamu bisa mendapatkan satu kantong pupuk hanya dengan harga Rp100 ribu. 

4. Hias Akuarium dengan Bebatuan

Tahap selanjutnya adalah dengan menghias akuarium dengan bebatuan agar terlihat lebih indah. Kamu bisa membeli sekitar dua kantong batu halus sebagai hiasan akuarium milikmu.  Harga bebatuan biasanya berkisar di harga Rp50.000 saja.  Baca Juga: Kenali Jenis Kucing Anggora dan Tips Sebelum Mengadopsinya, yuk!

5. Masukkan Tanaman 

Inilah langkah terpenting dalam membuat aquascape.  Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi seperempat bagian akuarium dengan air bersih secara perlahan.  Kamu bisa menggunakan saringan agar tidak merusak dekorasi yang berada di dalamnya.  Mulai menaruh tanaman-tanaman milikmu satu persatu.  Lakukan juga penyemprotan pada tanaman yang tidak terkena air agar daunnya tidak rusak atau layu.  Ada beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam aquascape.  Mulai dari Valisneria, Cabomba, rumput air, Echinodorus, hingga Spatterdock. 

6. Isi dengan Air

Kini, saatnya kamu mengisi akuarium dengan air secara perlahan.  Ketika aquascape sudah dirasa penuh, kamu bisa membuang airnya kembali sekitar 70 persen dari jumlah yang ada.  Hal itu dilakukan untuk membuang beragam zat yang dirasa berbahaya.  Biasanya, warna air akan tampak keputihan dan kusam.  Tak perlu khawatir, kusamnya air disebabkan bagian dari proses yang normal.  Nantinya, air akan kembali jernih dalam beberapa hari kemudian.  Sebab, mikroorganisme yanga da sudah bekerja untuk membantu dalam membersihkan air tersebut. 

7. Pasang Filter dan Alat Pendukung Lainnya

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat aquascape adalah memastikan kelangsungan hidup tanaman dan ikan di dalam akuarium.  Untuk itu, kamu perlu memasang peralatan seperti pompa, saringan, hingga lampu.  Hal itu dilakukan agar sirkulasi udara dan cahaya yang dibutuhkan tanaman dan ikan dapat terpenuhi. Baca Juga: Kenali Jenis Kucing Anggora dan Tips Sebelum Mengadopsinya, yuk!

8. Masukkan Ikan Hias

Tak hanya tanaman, kamu juga menambahkan ikan hias untuk mempercantik akuarium.  Masukkan ikan hias setelah kamu selesai memasang berbagai alat penunjang di dalam akuarium.  Itulah cara membuat aquascape mudah dan murah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.  Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti.  Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti One Icon Residence hanya di www.rumah123.com.
Bagikan:
2445 kali