Ilustrasi. Foto: Rumah123/Getty

Punya rumah tuh enaknya kamu ga harus merogoh kocek untuk membayar sewa hunian. Selagi muda, kamu emang bisa produktif kerja dan punya penghasilan. Mampu membayar uang sewa hunian atau uang kos. Tapi, gimana kalau udah tua nanti? Sudah ga produktif kerja dan ga punya penghasilan, lantas siapa yang akan membayar uang sewanya.

Sebagai contoh, uang sewa untuk satu unit rusunawa orang lanjut usia (lansia) di Cibubur yang baru saja diresmikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah Rp3,5 juta per bulan.

Baca juga: Dari Muda Usaha Terus Punya Rumah, Tua Nanti Bahagia Deh!

Rusunawa yang dikelola Yayasan Ria Pembangunan tersebut merupakan rusun pertama khusus lansia. Terdiri atas 90 unit seluas 24 meter persegi, rusunawa satu tower ini punya 3 lantai.

Dikutip dari detikFinance, Selasa (24-4-2018), fasilitas rusunawa lansia ini cukup lengkap. Ada ruang tidur yang cukup luas, meja makan, dan sofa. Tersedia juga lemari pakaian dan wastafel. Kamar mandinya punya WC duduk dan ada pegangan dari besi untuk membantu lansia berdiri atau duduk.

Baca juga: Desain Hunian yang Cocok untuk Orang Tua, Mau Lihat?

Ada jendela lebar di setiap unit rusunawa agar cahaya matahari dan udara bisa leluasa masuk ke ruangan. Hadir juga taman. Untuk memudahkan akses ke lantai atas, ada lift.

Selain hunian, lansia mendapat fasilitas makan tiga kali sehari, baju dicucikan. Makan tiga kali sehari, baju disetrikakan, dan ada jalan-jalan atau piknik bersama.

Kalaupun kamu sanggup bayar sewa Rp3,5 juta sebulan, tapi belum tentu lho bisa tinggal di rusunawa ini. Kenapa? Ada syaratnya, mau tau?

Baca juga: Jakarta Penat, Ashanti Ingin Punya Rumah Masa Tua di Bali

Menurut Pengurus Yayasan Ria Pembangunan, Sulistiani Sujudhi, syaratnya antara lain:

Atas kemauan sendiri, jadi ga boleh ada paksaan dari pihak  keluarga.

Minimal berusia 60 tahun.

Ada yang menanggung biaya sewa unit.

Lansia dalam kondisi sehat dan mandiri (bisa mandi sendiri, misalnya).

Nah, makanya daripada udah tua masih harus keluar duit buat sewa hunian, mending beli rumah aja dari sekarang. Biar kecil kalau punya sendiri, bakal menyelamatkan masa lansia kamu.

Bagikan: 1759 kali