OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

MTI Dukung Swasta Bangun Moda Transportasi Massal

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Dodiek Dwiwanto

transportasi Sydney nner West Light Rail

Ilustrasi. Rumah123/istock

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) memberikan apresiasi terhadap rencana PT Lippo Cikarang untuk membangun moda transportasi massal.

Lippo Cikarang berencana membangun moda transportasi massal yang diberi nama Automated People Mover (APM) berupa kereta api.

Moda transportasi ini akan menghubungkan sejumlah kawasan bisnis di Koridor Timur Jakarta. Lippo sendiri memiliki dua proyek di kawasan ini yaitu Orange County dan Lippo Cikarang.

“Sebenarnya ini menarik karena selama ini jarang swasta mau investasi dan proyek angkutan umum ini kan di tangan pemerintah dan sekarang swasta mau investasi untuk itu jadi ini sangat baik,” kata Ketua MTI, Danang Parikesit seperti dilansir oleh Kompas.

Baca juga: Moda Transportasi Baru di Timur Jakarta Beroperasi 2020

Danang Parikesit mengungkapkan kalau Lippo Cikarang sebaiknya serius dalam mengerjakan rencana proyek ini dan tidak hanya sekedar pada studi kelayakan atau feasibility study (FS).

“Karena ini masih tahap awal maka masih ada FS yang harus disusun dan ke depannya jangan hanya FS saja tapi juga realisasi investasi dan konstruksinya,” imbuhnya.

Rencananya, moda transportasi ini akan terbagi dalam dua jalur yaitu North-South Line dan West-East Line. Dua jalur ini akan menghubungkan sederetan kawasan industri di Bekasi, Cikarang, dan Karawang.

Jaringan moda transportasi ini juga diproyeksikan akan terhubung dengan jaringan Light Rapid Transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur. Nantinya, kawasan Koridor Timur Jakarta juga akan memiliki akses yang mudah ke Jakarta.


Tag: , , , , , ,


Dodiek Dwiwanto
Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang. Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA