PT MRT Jakarta Berencana untuk Melakukan Penggunaan Kartu Multitrip dan Singletrip untuk MRT. MRT Direncanakan Beroperasi Secara Komersial Pada Senin, 1 April 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit, PT MRT Jakarta sudah menyiapkan dua tipe kartu untuk penumpang. Dua kartu yang dapat digunakan adalah kartu singletrip dan kartu multitrip. Kamu mau pilih yang mana?

Presiden Joko Widodo sudah meresmikan beroperasinya MRT. Sementara DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan tarif MRT rata-rata sebesar Rp8.500, sementara untuk rute terjauh Rp14.000.

Sebelum peresmian MRT, PT MRT Jakarta telah menyiapkan dua tipe kartu yang dapat digunakan oleh konsumen yaitu kartu singletrip dan kartu multitrip.

Baca juga: MRT Berikan Peluang UMKM Berbisnis di Stasiun, Wah Keren Banget Nih

“Ada 2 tipe kartu yaitu singletrip dan kartu multitrip. Harga kartu singletrip Rp 15.000 dan Rp 25.000 untuk multitrip,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar seperti dikutip oleh Kompas.com.

Kartu multitrip memiliki masa validitas lebih lama dibandingkan dengan kartu singletrip. Perlu diingat ya, kartu singletrip tidak bisa di-tap-out kalau sudah melewati stasiun yang dituju dan mesti melakukan penyesuaian harga.

William melanjutkan kalau penumpang membeli kartu tetapi tidak sampai di stasiun tujuan dan turun di stasiun sebelumnya, maka tidak bisa meminta pengembalian. Tetapi, kalau kelebihan stasiun, penumpang harus melakukan penyesuaian.

Baca juga: MRT Bakal Punya Rute 231 Kilometer, Truz Ngapain Beli Mobil, Mendingan Beli Rumah

Penumpang dapat membeli kartu singletrip dan kartu multitrip dapat di vending machine dan juga sales office. Pada vending machine, ada kelipatan Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.000.

Jika penumpang memiliki uang Rp100.000, maka bisa ditukarkan. PT MRT akan menyediakan tempat penukaran uang.

MRT akan beroperasi secara komersial pada Senin, 1 April 2019 mendatang. Jadi cari tahu informasi yang up date ya gaes. Yuk, biasakan naik transportasi massal dari sekarang.

Baca juga: MRT Masih Gratis Sampai 31 Maret 2019, Ingat Daftar Dulu Ya Gaes

Bagikan: 1216 kali