Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Memberikan Nama Ratangga untuk Mass Rapid Transit (MRT) (Foto: Rumah123/Jhony Hutapea)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan nama Ratangga untuk Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta saat melakukan kembali uji coba kereta pada jalur Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia pada Senin (10/12/2018).

Seperti dikutip dari Harian Kompas edisi Selasa (11/12/2018), Ratangga memiliki arti kereta perang. Arti ini juga diidentikan dengan kekuatan dan pejuang.

Anies menyatakan Ratangga akan tangguh dan kuat mengangkut para pejuang Jakarta yang berikhtiar demi kehidupan yang lebih baik. Wow, kamu para generasi milenial termasuk dong ya?

Baca juga: MRT Bakal Beroperasi, Rute TransJakarta Bakal Dimodifikasi

Nama Ratangga diambil dari puisi di Kita Arjunawijaya dan kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Mpu Tantular merupakan pujangga besar di zaman Kerajaan Majapahit.

Hal ini diungkapkan oleh Anies Baswedan saat ikut dalam uji coba MRT kemarin. Gubernur DKI didampingi oleh sejumlah jajaran manajemen MRT Jakarta.

MRT Jakarta kembali menjalani uji coba. Kereta MRT berangkat dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus. Kereta dikemudikan oleh Hitoshi Tezuka, kepala masinis dari Nippon Sharyo. Nippon Sharyo merupakan produsen kereta MRT.

Baca juga:  Asyik, Bakal Ada Shelter Ojek Online di Stasiun MRT

Jarak Bundaran Hotel Indonesia ke Lebak Bulus bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Rute ini merupakan fase I MRT yang memiliki panjang 16 kilometer.

Kereta yang dikemudikan Tezuka melaju dengan kecepatan penuh hingga maksimal 80 kilometer per jam di lintasan datar bawah tanah. Saat menuju lintasan naik, kecepatan kereta turun ke 70 km per jam. Sementara pada jalur lintasan atas, Ratangga berjalan dengan kecepatan 90 km per jam.

Fase I MRT ini memiliki 13 stasiun, enam di antaranya berada di bawah permukaan tanah, sisanya berada di atas ketinggian. Wah, sudah nggak sabar ya untuk ikutan naik MRT. Kalau MRT sudah beroperasi, segera beralih ke transportasi massal.

Baca juga:  Depo MRT Fase Dua Bakal Pindah dari Kampung Bandan ke Stadion BMW

Bagikan: 2758 kali