mrt jakarta- rumah123.com Ilustrasi MRT. Operator MRT Jakarta Berencana Menambah Jam Operasional MRT Jakarta Pada Malam Tahun Baru 2020 Mendatang (Foto: Rumah123/Getty Images)

MRT Jakarta akan beroperasi hingga dini hari saat perayaan malam Tahun Baru. Bagi para pengguna transportasi publik tidak perlu khawatir.

Operator MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) Jakarta, PT MRT Jakarta berencana untuk memperpanjang jam operasional MRT Jakarta saat malam pergantian tahun baru pada 31 Desember 2019 mendatang.

Saat ini, MRT Jakarta baru memiliki satu koridor yaitu Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia. Rute ini telah beroperasi sejak Maret 2019.

Baca juga: Rencana Rute MRT Jakarta Diperpanjang Sampai Ke Tangerang Selatan

Laman berita online Bisnis.com melansir pernyataan Direktur Operasional PT MRT Jakarta Muhammad Effendi. Muhammad menyatakan MRT Jakarta bakal memperpanjang operasional pada perayaan malam tahun baru.

“Kami akan menambah waktu operasional MRT Jakarta dari sebelumnya pukul 24.00 WIB menjadi 02.30 WIB,” ujar Muhammad.

MRT beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Nantinya, pada malam Tahun Baru, MRT Jakarta akan beroperasi hingga 02.30 WIB.

Baca juga: 2026, Cikarang-Balaraja Akan Memiliki Jaringan MRT

Penambahan waktu operasional ini berkaitan dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menggelar sejumlah acara malam pergantian tahun. Acara tersebut diselenggarakan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Seperti halnya pada malam pergantian tahun lalu juga dilangsungkan acara serupa. Jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup untuk kendaraan.

Masyarakat yang ingin menghabiskan malam Tahun Baru bisa memanfaatkan transportasi publik seperti MRT Jakarta. Nantinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan sejumlah lahan untuk parkir kendaraan bermotor.

Headway MRT Jakarta Saat Malam Tahun Baru

Muhammad melanjutkan bahwa semua operasional MRT Jakarta akan berlangsung seperti biasa. Namun, ada yang membedakan yaitu headway atau waktu kedatangan kereta.

Waktu kedatangan kereta MRT Jakarta pada jam sibuk adalah setiap 5 menit sekali. Sementara pada jam normal, headway MRT adalah setiap 10 menit sekali.

Namun, pada waktu malam pergantian tahun baru, waktu kedatangan kereta rata-rata adalah 12 menit sekali. Hal ini diberlakukan pada waktu 00.00 hingga 02.30 WIB.

Baca juga: MRT Jakarta Luncurkan Kartu Multi Trip untuk Memudahkan Penumpang

Adanya penambahan waktu operasional kereta, tentunya membuat jumlah perjalanan MRT Jakarta pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 bertambah sebanyak 24 trip menjadi 309 perjalanan.

Muhammad memberikan imbauan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam Tahun Baru 2020 untuk menggunakan transportasi publik. Masyarakat diminta tidak menggunakan kendaraan pribadi. Kalau pun membawa, masyarakat dihimbau untuk memarkirnya di lokasi yang telah disediakan.

Setelah itu, masyarakat diharapkan mau menggunakan MRT Jakarta untuk melanjutkan perjalanan. Biasanya tujuan masyarakat merayakan malam Tahun Baru di Jakarta berada di Bundaran Hotel Indonesia, Monas (Monumen Nasional), dan lainnya.

Baca juga: Stasiun MRT Jakarta Fase II Berada di Bawah Tanah Sedalam 36 Meter

Bundaran Hotel Indonesia dilalui oleh MRT Jakarta. Masyarakat bisa menggunakan MRT untuk menuju ke lokasi ini.

Saat ini, pemerintah baru memulai pembangunan MRT Jakarta untuk koridor Utara-Selatan. Nantinya, MRT akan menuju ke kawasan Kota. Seluruh rute MRT Jakarta dari Bundaran Hotel Indonesia-Kota berada di dalam tanah.

Bagikan:
1914 kali