ruang baca mrt- rumah123.com Ilustrasi Orang Membaca di Dalam Gerbong MRT. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Ingin Ada Ruang Baca di Setiap Stasiun MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu). (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bagi yang biasa menggunakan MRT, kamu bisa menghabiskan waktu menanti kedatangan kereta dengan membaca. MRT akan menyediakan ruang baca.

Situs berita online CNN Indonesia mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bakal membuka ruang baca di setiap stasiun MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu).

Anies menyatakan para penumpang bisa bebas meminjam buku di stasiun MRT tempat mereka naik, kemudian mereka mengembalikan buku tersebut di stasiun tujuan pada hari yang sama. Hal ini untuk merangsang literasi membaca masyarakat.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Harus Memiliki Transportasi Massal MRT

Dia mengungkapkan hal tersebut ketika hadir dalam Indonesia International Book Fair di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Rabu (4/9/2019).

Nantinya, ada semacam ruang baca di stasiun MRT. Tempat ini bukan perpustakaan, namun hanya rak-rak tempat menyimpan buku serta tempat petugas melayani peminjaman.

Anies berharap program ini dapat terwujud guna menunjang minat baca warga DKI Jakarta. Menurut Anies, minat baca masyarakat Indonesia sebenarnya ada, namun kurang daya untuk membaca dan juga minimnya akses masyarakat ke buku.

Baca juga: 2030, Jakarta Punya Jalur MRT Sepanjang 230 Kilometer

Gubernur DKI Jakarta ingin dibukanya ruang-ruang baca di setiap sudut kota yang bisa didatangi oleh masyarakat. Salah satunya stasiun MRT. Sebelum menjadi gubernur, Anies pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Rektor Universitas Paramadina.

Rencana program ruang baca di Stasiun MRT ini menjadi salah satu hal berbeda dari transportasi massal ini. Sebelumnya, MRT juga tidak menyediakan tempat sampah agar penumpang tidak membawa sampah di area stasiun.

Selain itu, MRT juga tidak membolehkan penumpangnya duduk di lantai. Ada denda uang dalam jumlah cukup besar bagi mereka yang melanggar peraturan berupa buang sampah sembarangan dan duduk di lantai.

Ruang Baca Gratis Akan Disediakan di 5 Stasiun

Pengelola MRT Jakarta, PT MRT Jakarta tengah menyiapkan ruang baca atau perpustakaan di stasiun. Operator akan menyiapkan sejumlah rak buku. Para penumpang bisa membaca buku secara gratis di ruang baca khusus penumpang MRT.

“Semua fasilitas perpustakaan tersebut gratis bagi pengguna MRT Jakarta demi mendukung program kebiasaan membaca warga Jakarta,” kata Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin seperti dikutip dari laman berita online Kompas.com.

Kamaluddin melanjutkan bahwa program ini akan dilakukan secepatnya. PT MRT Jakarta akan menyediakan secara bertahap pada beberapa stasiun. Nantinya, ruang baca atau perpustakaan akan berada di semua stasiun MRT Jakarta.

Baca juga: Ingat, Duduk di Lantai Stasiun MRT Bakal Kena Denda Rp500.000

Untuk tahap awal, rencananya ruang baca ini bakal dibangun di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Blok M, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

Saat ini, MRT yang baru beroperasi adalah MRT fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia. Rute ini memiliki panjang 20,1 kilometer.

Rute ini mempunyai 13 stasiun. Sebanyak tujuh stasiun merupakan stasiun layang, sementara sisanya enam stasiun berada di bawah tanah.

Buat kamu yang sering menggunakan MRT untuk pergi pulang dari rumah ke kantor, yuk baca buku. Habiskan waktu yang bermanfaat dengan membaca buku.

Baca juga: MRT Akan Bangun Area Penghubung Stasiun Lebak Bulus dan Poins Square

Bagikan: 864 kali