MRT Jakarta- Rumah123.com Ilustrasi Kereta MRT Jakarta. Pengelola MRT Jakarta, PT MRT Jakarta Akan Membangun Jembatan Penghubung Antara Stasiun Lebak Bulus dengan Poins Square Lebak Bulus (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola MRT Jakarta, PT MRT Jakarta berencana untuk membangun transit plaza di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Lahan tersebut bakal disediakan di depan Poins Square, Lebak Bulus. Bagi kamu yang biasa naik turun atau transit di stasiun ini, bakal semakin nyaman.

PT MRT Jakarta telah menyediakan lahan seluas 1.500 meter persegi untuk tempat mengantar dan menjemput penumpang MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) yang menggunakan ojek online atau angkutan umum.

“Jadi nanti motor yang drop off. Selain itu, di situ kita juga punya di sebelah Damkar persis depan gereja Nehemia di situ juga ada lahan, tetapi itu akan lebih difungsikan sebagai drop off ojol di situ,” ujar Direktur PT MRT Jakarta, William Sabandar seperti dikutip oleh situs Kompas.com.

Baca juga: Kok Ga Ada Tempat Sampah di MRT Sih, Mau Tahu Kenapa

Terkait jembatan, MRT Jakarta sudah mendesain konsep jalan penghubung antara pusat perbelanjaan Poins Square dengan stasiun MRT Lebak Bulus. Poins Square dibangun dan dikelola oleh perusahaan pengembang Intiland Development.

Pembangunan jembatan ini sudah dimulai. Pengerjaan proyek ini diperkirakan memakan waktu antara lima hingga enam bulan ke depan.

William melanjutkan bahwa skybridge atau jembatan layang terhubung dengan Transit Plaza. Nantinya, Transit Plaza juga mempunyai jalur penghubung.

Baca juga: Kok, Stasiun MRT Sisingamangaraja Diubah Jadi Stasiun ASEAN?

Dia juga menyatakan pihak Poins Square akan mengelola Transit Plaza. Begitu juga dengan pengelolaan dan perawatan skybridge yang akan dilaksanakan oleh pihak Poins Square.

William menambahkan kalau semua menjadi milik Poins Square, tetapi karena karena aksesnya menuju ke MRT maka harus ada izin dari PT MRT Jakarta. Dia juga berharap dengan adanya tempat drop off, angkuta umum tidak lagi mangkal di depan pintu stasiun MRT Lebak Bulus.

MRT Jakarta fase I telah beroperasi secara komersial sejak 1 April 2019. Sebelumnya, Moda Raya Terpadu ini sempat diuji coba secara gratis pada Maret 2019.

Baca juga: MRT Perbolehkan Penumpang Buka Puasa Minum Air Putih dan Makan Kurma

Fase I memiliki rute sepanjang 15,7 kilometer. Rute ini menghubungkan Lebak Bulus, Jakarta Selatan dengan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

MRT Jakarta fase I ini memiliki 13 stasiun, tujuh stasiun layang yang semuanya berada di Jakarta Selatan dan enam stasiun bawah tanah yang berada di Jakarta Pusat.

Tujuh stasiun layang itu adalah Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M BCA, dan ASEAN (dahulu bernama Sisingamangaraja). Sementara enam stasiun bawah tanah adalah Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga: Hari Ini MRT Kembali Ke Tarif Normal, Tetap Biasakan Naik Transportasi Massal Ya

Saat ini, pemerintah sedang membangun MRT fase II yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dengan Kota, Jakarta Utara. Semua stasiun berada di bawah tanah, seluruhnya ada tujuh stasiun.

Empat stasiun berada di Jakarta Pusat yaitu Sarinah, Monas (Monumen Nasional), Harmoni, Sawah Besar. Tiga stasiun berada di Jakarta Utara yakni Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Bagikan: 626 kali