model kamar mandi- rumah123.com Ilustrasi Kamar Mandi. Pemilik Rumah Harus Bisa Menyeimbangkan Model Kamar Mandi dan Fungsi Kamar Mandi di Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Mana yang lebih penting, model kamar mandi atau fungsi kamar mandi. Model dan fungsi sebenarnya sama-sama penting.

Saat menginap di hotel berbintang, hotel butik, atau villa mewah, kamu akan melihat kamar mandi yang mewah. Pastinya kamu ingin memiliki model kamar mandi yang sama.

Desain interior yang mewah memadukan elemen tradisional tentunya menarik untuk diaplikasikan pada kamar mandi rumah. Namun, kamu juga membutuhkan sebuah ruangan memiliki fungsi sebenarnya.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: Berapa Lama Sih Harus Ganti Barang-barang di Kamar Mandi

Setiap ruangan dalam rumah pastinya memiliki fungsi. Tetapi, diingat juga kalau pemilik rumah menginginkan model kamar mandi yang menarik.

Situs properti Realestate.com.au memberikan sejumlah tips bagaimana memadukan fungsi kamar mandi dan desain kamar mandi yang menarik. Realestate.com.au merupakan situs milik REA Group Australia yang juga perusahaan induk Rumah123.com.

Desainer interior Catherine Heraghty memberikan tips bagaimana mendesain model kamar mandi yang menarik, sekaligus bisa memenuhi fungsinya. Yuk, disimak seperti apa.

Perencanaan yang Mendalam

Pemilik rumah harus memutuskan apa yang akan ada di dalam kamar mandi. Kamu harus memiliki visi seperti apa desain dan fungsi kamar mandi.

Apakah kamar mandi akan memiliki bathtub, shower, atau keduanya? Apakah kamu akan memisahkan kamar mandi dengan toilet? Apakah kamu akan memasang ubin dari lantai hingga plafon atau cukup setinggi shower? Apakah kamu akan memiliki tempat penyimpanan.

Kamu harus menentukan semua ini lantaran ini juga terkait dengan desain dan pengerjaan kamar mandi. Apalagi jika kamu mempunyai rencana renovasi kamar mandi secara berkala.

Maksimalkan Ruang

Sebenarnya, kamu tidak memerlukan arsitek atau desain interior untuk mendesain ulang model kamar mandi. Kamu bisa mencari inspirasi lewat situs internet atau media sosial.

Cara termudah adalah mencoba membuat sketsa sendiri mengenai desain model kamar mandi. Kamu bisa membayangkan seperti apa kamar mandi nantinya.

Kamar mandi tidak perlu besar. Kamu hanya membutuhkan kreativitas untuk mendesain ulang kamar mandi untuk memenuhi semua kebutuhan. Jika kamu membutuhkan tempat penyimpanan, buat saja lemari penyimpanan di bawah wastafel.

Hanya Punya Satu Pilihan Tampilan

Kadang kala padu padan memang bisa membuat tampilan menarik, namun bisa juga tidak. Bagaimana kalau kamu memutuskan hanya satu desain saja untuk kamar mandi.

Saat mendesain kamar mandi, kamu bisa membuat sketsa kalau sulit menggunakan piranti lunak desain. Adanya sketsa membuat kamu memiliki ilustrasi mengenai kamar mandi.

Saat kamu memilih satu desain, sebenarnya bukan kamu cenderung kepada fungsi saja, namun model kamar mandi juga diperhatikan. Kenapa tidak memilih satu desain yang bisa digunakan cukup lama?

Penyelesaian Renovasi yang Baik

Kamar mandi akan digunakan seluruh anggota keluarga. Ada baiknya kamu sudah memikirkan kalau semua orang bisa menggunakan kamar mandi sebagaimana fungsinya.

Apakah kamu dan pasangan bisa nyaman saat menggunakan kamar mandi? Apakah anak-anak tidak kesulitan ketika berada di kamar mandi? Apakah kamar mandi tidak sulit untuk dibersihkan? Hingga kamar mandi bisa tahan lama tanpa perlu renovasi total.

Untuk itu, kamu harus memilih material yang bagus, peralatan kamar mandi yang bagus, serta renovasi yang baik.

Memiliki Fitur Andalan

Saat kamu memilih desain kamar mandi yang diinginkan, kamu bisa memilih satu fitur yang bisa menjadi keunggulan ruangan ini. Kamu bisa bebas menentukan.

Peralatan kamar mandi yang canggih seperti toilet, wastafel yang unik, tempat penyimpanan yang keren, bathtub yang antik, cermin vintage, dan lainnya bisa menjadi pilihan.

Setelah kamu memilihnya, jangan lupa untuk mendesain area di sekitar fitur ini. Misalnya kamu memilih wastafel, maka kamu mendesain area sekitarnya menjadi lebih menarik.

Bagikan: 536 kali