Wujudkan mimpimu untuk membuat taman minimalis depan rumah dengan modal super hemat, tak sampai Rp500 ribu. Buktikan sendiri di sini!

Dapatkan suasana hunian yang lebih asri dan segar dengan menghadirkan fitur ruang terbuka hijau tanpa bikin kantong kering. 

Kanal YouTube Mas Tomy memberikan inspirasi taman minimalis yang dibuat sendiri dengan keseluruhan biaya kurang dari Rp500 ribu.

Tips Pembuatan Taman Minimalis Depan Rumah 

Simak rincian lengkapnya di bawah, yuk!

Pemilihan Jenis Tanaman Hias 

taman minimalis depan rumah

Untuk menekan biaya pembuatan taman minimalis depan rumah, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah pemilihan jenis tanaman hias yang tepat. 

Tepat dalam artian harganya sesuai dengan kemampuan kantong serta kondisi dari lahan yang tersedia. 

Jangan sampai cuma gara-gara ingin pamer ke tetangga atau sekadar ikut-ikutan, kamu malah mencari tanaman super eksotik yang mahalnya minta ampun. 

Atau mungkin dari segi harga jual tidak terlalu tinggi, tapi pas bicara soal perawatan justru membutuhkan berbagai perlakuan khusus, nutrisi kompleks, atau penyesuaian ekosistem yang membutuhkan biaya tambahan. 

Daripada kerepotan pada saat perawatan dan juga bikin kantong malah jebol, berbagai jenis tanaman hias populer yang mudah ditemukan di sekitar rumah bisa menjadi pilihan. 

Dalam inspirasi taman minimalis depan rumah yang satu ini misalnya, tanaman yang digunakan merupakan spesies yang mudah ditemukan serta anti rewel dari segi perawatan. 

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias 

Beberapa pilihan jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk membuat taman minimalis depan rumah dengan harga sangat terjangkau, mulai dari Rp20 ribuan saja: 

- Pokok Duit-Duit (Epipremnum aureum) - Lidah Mertua (Sansevieria) - Wajah Ladah (Peperomia obtusifolia) - Siklok (Agave attenuata) - Mini Rombusa (Tabernaemontana corymbosa) - Pucuk Merah (Syzygium oleina) - Sri Rezeki (Aglaonema) - Kencana (Ruellia) - Melati Putih (Jasminum sambac)

Berbagai jenis tanaman di atas relatif mudah ditemukan di sekitar dan terkenal gampang dalam urusan perawatan. 

Perlu diingat jika fungsi tanaman hias hanyalah sebagai dekorasi pelengkap taman minimalis depan rumah sekaligus memberikan nuansa yang asri. 

Jadi tak perlu harus mahal-mahal, kecuali kamu ingin memelihara karena hobi atau kecintaan pada spesies tanaman tertentu. 

Layout Taman Minimalis Depan Rumah 

taman minimalis depan rumah

Dari segi tata ruang terbuka untuk area hijau ini dibuat sederhana dengan luas sekitar 6x7 meter persegi. 

Balik tentunya untuk contoh layout ini bisa menyesuaikan dengan ketersediaan lahan yang kamu miliki. 

Semakin besar ukuran taman minimalis tentu akan berimbas pada biaya pembuatannya yang lebih besar dengan faktor penentu lainnya termasuk dekorasi atau cara kamu menatanya. 

Membuat Taman Minimalis Depan Rumah Bermodal Material Bekas

taman minimalis depan rumah

Buat kamu yang bertanya kenapa biaya pembuatan taman minimalis depan rumah yang satu ini bisa sangat murah, jawabannya adalah pada penggunaan materialnya. 

Jadi bukan hanya pemilihan tanaman hias sebagai dekorasinya saja yang menggunakan jenis-jenis lokal dengan harga terjangkau, begitupun dengan material yang dipakai untuk membuat struktur taman itu sendiri. 

Batu Taman dari Bekas Reruntuhan Rumah

taman minimalis depan rumah

Alih-alih mengeluarkan biaya besar untuk membeli batu taman khusus yang bisa menghabiskan budget, sang pemilik justru memilih untuk memanfaatkan sisa bahan bangunan yang tidak terpakai. 

Gugusan batu hias yang ada di taman minimalis depan rumah ini seluruhnya menggunakan bekas reruntuhan bangunan yang disusun rapi, kemudian dirapikan permukaannya. 

Alhasil, kamu bisa mendapatkan tampilan memukau seperti menggunakan batu koral taman yang cantik tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. 

Jadi jangan heran kalau bebatuan hias yang dipakai sebagai pagar pembatas tanaman terlihat berbentuk kotak jelas seperti dinding rumah. 

Kamu juga bisa memoles permukaan batu taman dengan cat khusus untuk memberikan aksen yang lebih manis dan memukau. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di The Taman Dayu!

Bagikan:
13342 kali