Kata siapa pembuatan taman minimalis depan rumah itu memakan biaya besar? Cuma dengan Rp2 jutaan saja kamu bisa meniru ide ini. 

taman minimalis

Yuk intip cara lengkapnya di bawah!

Kenapa Harus Bikin Taman Minimalis Depan Rumah?

Tinggal di wilayah perkotaan bisa bikin kamu gampang stres akibat paparan polusi yang setiap hari ditemui. 

Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai langkah preventif adalah dengan menghadirkan ruang hijau di rumah. 

Ruang hijau ini bisa membantumu untuk merasa lebih segar dan rileks berkat kualitas udara yang lebih bersih. 

Cara mendapatkannya sangat mudah, salah satunya adalah dengan membuat taman minimalis depan rumah lewat berbagai desain yang mudah ditiru. 

Di sini, kamu bisa menempatkan berbagai koleksi tanaman hias favorit yang tidak hanya bikin hunian tambah cantik, tapi juga terasa sejuk dan asri. 

Berbagai jenis tanaman hias bisa dipilih untuk kebutuhan luar ruangan atau dalam ruangan, serta beragam variasi yang berbunga, daun, bahkan ada juga yang berbuah. 

Pastinya kamu bisa menikmati banyak keuntungan hanya dari satu fitur tambahan di rumah yang satu ini.

Para tetangga yang datang berkunjung dijamin bakal merasa iri dan terpukau dengan tampilan hunianmu yang dilengkapi dengan taman minimalis depan rumah nan cantik. 

Kebutuhan Lahan untuk Pembuatan Desain Taman Minimalis Sederhana 

Bicara soal kebutuhan lahan, pada dasarnya kamu bisa mengakali meski tidak memiliki area yang luas. 

Selama punya ide dan tahu cara menempatkan tanaman serta layout yang tepat, tanah sekecil apapun bakal bisa diubah menjadi oase yang memukau. 

Mulai dari desain taman kering ala Jepang, sampai yang dilengkapi dengan kolam ikan minimalis, semua bisa kamu tiru dengan mudah. 

Misalnya untuk lahan berukuran 1,5 x 1 meter, kamu bisa memanfaatkan model taman berundak atau berlapis supaya bisa memuat lebih banyak tanaman.  

Rincian Biaya Pembuatan Taman Minimalis Depan Rumah 

taman minimalis

Inspirasi yang satu ini dari Neps Tuber yang bisa kamu praktekkan di rumah dengan lahan kecil dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. 

Dua elemen utama yang bisa kamu lihat langsung dari taman minimalis depan rumah ini adalah air mancur sederhana serta penggunaan karpet rumput sintetis

Bagian lantainya sendiri sudah dibuat dengan tingkat kemiringan yang mampu membantu mengalirkan air ke saluran pembuangan sehingga menghindari terjadi genangan. 

Barulah di atasnya digunakan rumput sintetis jepang ukuran 35 mm yang dipilih karena perawatannya yang mudah, tak perlu disiram serta anti hama. 

Cocok banget kalau kamu tidak punya waktu banyak untuk menyiram tanaman setiap hari. 

Untuk air mancul taman minimalis sudah dibeli yang jadi sehingga tinggal ditata saja sesuai keinginan dengan bagian kiri dan kanan bisa digunakan untuk menempatkan pot tanaman hias. 

Tanaman hias yang dipilih sendiri adalah bambu air atau lucky bamboo (Dracaena sanderiana) yang dipercaya mampu membawa keberuntungan ke rumah. 

Sebagai dekorasi tambahan, digunakan batu alam ukuran 5 yang ditata mengelilingi perimeter taman minimalis depan rumah supaya terlihat lebih berisi dan ada variasi warna. 

Tak ketinggalan, tepat di tengah bisa dipercantik dengan hiasan lantai batu alam tapak berbentuk bulat sebagai aksen untuk mempermanis visual bebatuan kecil di sekelilingnya. 

Untu menghasilkan penampilan yang lebih alami, bagian kabel air mancur bisa ditutupi dengan dedaunan sintetis. 

taman minimalis

Ini dia rincian biaya pembuatan taman minimalis depan rumah yang satu ini: 

- Kolam air mancur: Rp1.700.000 - Pot bunga: Rp100.000 - Tanaman bambu air: Rp60.000 - Rumput sintetis jepang: Rp450.000 - Batu alam kecil: Rp100.000 - Batu tapak bulat: Rp30.000

Jadi totalnya kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp2.440.000 saja. 

Temukan juga inspirasi hunian menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Yuk intip proyek properti terbaik di Vittoria Residence!

Bagikan:
45615 kali