OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Semakin Canggih! Mobil Terbang Hyundai Siap Mengudara di IKN

16 Nopember 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

mobil terbang hyundai

Rencana kehadiran mobil terbang di kawasan IKN telah menemui titik terang. Bahkan, pihak pengelola telah resmi melakukan kerja sama untuk mewujudkan hal tersebut.

Mengusung smart and modern city, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menghadirkan mobil terbang sebagai bentuk kerjasama dengan Hyundai Motor Group. 

Hyundai Motor Group sendiri telah menandatangani MoU dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) yang dilakukan pada saat perhelatan B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center. 

Penandatangan tersebut dihadiri langsung oleh President and Head Urban Air Mobility Division Hyundai Motor Group Jaiwon Shin serta Kepala OIKN Bambang Susantono. 

Adapun kerjasama ini sebagai bentuk mewujudkan ekosistem mobilitas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia. 

Advanced Air Mobility Sebagai Bagian dari Smart Mobility Ecosystem di IKN

penandatangan mou mobil terbang ikn

Sumber: Riaupos.jawapos.com

Hyundai menyebut penandatanganan nota perjanjian tersebut bertujuan untuk memperkenalkan teknologi mobil terbang atau AAM sebagai bagian dari ekosistem mobilitas cerdas di IKN.

Di sisi lain, pihak Hyundai memang berencana untuk mengembangkan roadmap dan meninjau konsep mobilitas terkonsolidasi untuk transportasi udara di IKN

“Penerapan Advanced Air Mobility di Nusantara sesuai dengan semangat OIKN sebagai ‘laboratorium hidup’ di Indonesia yang terbuka,” ungkap Bambang dikutip dari Detik.com.

Laboratorium yang dimaksud adalah wadah untuk menciptakan budaya kerja, belajar, dan gaya hidup baru. 

Berdasarkan informasi yang diterima, MoU dengan Hyundai juga dapat memperkuat gagasan dalam pengembangan AAM untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di kawasan IKN.

Otorita IKN pun berharap kerja sama ini dapat meningkatkan konektivitas sistem transportasi dengan solusi mobilitas multimoda yang inovatif.

Potensi Besar Indonesia pada Pasar Penerbangan Asia Tenggara

ekosistem mobil terbang ikn

Sumber: Detik.com

Sebagai informasi, Indonesia masuk ke dalam jajaran pasar penerbangan terbesar di Asia Tenggara. Ini tak terlepas dari jumlah pulau dalam negeri yang mencapai lebih dari 18.000 pulau. 

Melihat kondisi tersebut, Hyundai Motor Group berharap dapat membantu meningkatkan mobilitas masyarakat antar pulau dengan membangun ekosistem AAM secara efisien. 

Wujud nyata dari kerja sama ini adalah akan didirikannya pusat Research & Development AAM di IKN Nusantara sebagai bentuk peningkatan terhadap riset teknologi di Indonesia.

Indonesia Menjadi Percontohan Penerapan Mobilitas Udara

Advanced Air Mobility

Sumber: Inews.co.id

Pada kesempatan yang sama, Hyundai Motor Group juga mengatakan rencananya untuk membangun ekosistem AAM di luar kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut dilakukan dengan melihat pencapaian di Indonesia terlebih dahulu. 

“Visi penerapan AAM adalah untuk menciptakan sistem transportasi udara yang aman, mudah diakses, terotomatisasi, dan terjangkau,” ujar Shin dikutip dari Riau Pos. 

Menurut Shin, hal tersebut dilakukan guna mencapai masa depan yang lebih baik, sehingga generasi mendatang dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Di mulai pada awal tahun 2023, Hyundai akan membangun peta jalan pengembangan AAM dan perencanaan Proof of Concept (PoC).

Di mana PoC masuk ke dalam bidang Urban Air Mobility (UAM) dan Regional Air Mobility (RAM) serta ekosistemnya.

***

Nah, itulah informasi mengenai perkembangan pembangunan ekosistem mobil terbang di IKN Nusantara.

Ketahui informasi menarik lainnya seputar IKN hanya di Artikel Rumah123.com.

Jangan lupa ikuti Google News kami untuk mendapatkan informasi terbaru, ya!

Sedang mencari hunian eksklusif seperti di Sutera Winona? Cek selengkapnya di Rumah123.com, yuk!

Jangan ragu untuk bertanya soal hunian terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA