wentira

Seperti apa sih Wentira, kota gaib di Sulawesi Tengah yang ditengarai sebagai kerajaan jin, simak kisah menariknya berikut ini ya. 

Pada 2017 lalu, sejumlah media online mewartakan kalau Lin Vita Puspita (saat itu berusia 21 tahun) yang menikah dengan penghuni alam gaib.

Gadis asal Kabupaten Donggala yang sedang menempuh pendidikan di STIE Palu ini telah menikah dengan orang Wentira di Tanah Kaili.

Awalnya ia meminta diantarkan oleh sang paman ke Wentira, sang paman tidak menolak dan mengikuti permintaan keponakannya. 

Kepergian gadis ini tanpa sepengetahuan orang tuanya, paman dan keponakan ini sempat bergantian mengendarai motor.

Setelah sampai di Uwentira, gadis ini mengaku telah dinikahkan oleh Nene Rante atau Mangge Rante dengan orang setempat.

Ia akan memasuki area gaib itu pada malam hari, gadis ini juga berpesan kepada sang paman agar tidak memberitahukan orang tuanya.

Lantas ia menghilang setelah diantarkan pamannya menjadi daerah ini, ia memasuki daerah Wentira yang dikenal misterius.

Wentira yang Misterius dan Gaib

Laman properti Rumah123.com mengutip IDN Times, kata Wentira ini diambil dari Ngata Uwentira yang artinya kota tidak kasatmata alias tidak terlihat. 

Kata tersebut diserap dari Uventira, kata dalam bahasa Suku Kaili yang memiliki arti air berwarna merah. 

Suku Kaili adalah salah satu suku di Sulawesi Tengah, mereka mendiami Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu.

Sementara Wentira berada di kawasan pegunungan antara Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Koordinator Komunitas Historia Sulawesi Tengah, Moh Herianto menjelaskan lebih lanjut mengenai Wentira ini.

Daerah Uwentira ini mendapatkan julukan kerajaan gaib terbesar di Indonesia, ada penguasa raja jin yang membangun istana.

Ia mengatakan kisah mistis Uwentira atau Wentira dengan kisah mistis Suku Kaili memang tidak dapat dipisahkan. 

Kepercayaan awal masyarakat Kaili memang banyak bersinggungan dengan aktivitas gaib, hal yang terjadi di sejumlah tempat di indonesia.

Kisah gaib Wentira ini baru diketahui masyarakat setelah era 1950-an, sebelumnya tidak ada ada catatan yang menyebut Wentira pada awal abad 20.

Sebelumnya, Rumah123.com juga pernah membahas mengenai Saranjana, kota mistis dan misterius di Kalimantan Selatan.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Waterfront Estates.

Bagikan:
2002 kali