Ilustrasi Milenial Bekerja di Co-Working Space (Rumah123/Realestate.com.au)

Buat kamu, generasi milenial yang semangat buat beli properti atau investasi properti, selamat ya. Berarti kamu kekinian deh.

Semangat besar, tapi dompet kurang mendukung? Tenang, kamu hanya perlu pengaturan keuangan saja kok. Semua bisa disiasati.

Baca juga: Kalau Punya Gaji Rp3,1 Triliun Bebas Pajak? Kamu Mau Investasi Apa?

Kamu ingin membeli hunian Rp500 juta. Kamu perlu uang muka Rp75 juta alias 15 persen dari besaran harga hunian.

Kalau gaji kamu sebulan Rp5 juta, kamu bisa menyisihkan 35 persen gaji kamu alias Rp1,75 juta. Dalam setahun kamu bisa mendapatkan Rp21 juta. Wah, masih kurang banyak nih, sepertiga aja belum.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

Kamu bisa menyisihkan uang tunjangan hari raya (THR) yang besarnya satu bulan gaji dan juga bonus. Kalau bonus memang tidak semua perusahaan memberikan. Ada yang memberikannya satu kali gaji, namun ada yang berani memberikan hingga 5 kali gaji.

Yang paling realitis sih, kamu pasti dapat THR kan? Ya, paling nggak ada tambahan Rp5 juta. Jadi kamu memiliki Rp26 juta. Wah, masih kurang Rp49 juta. Gimana dong?

Baca juga: Rumah Ini Didesain untuk Penyewa dengan Gaji Pas-pasan, Wah Mau Dong?

Perencana keuangan atau financial planner Kaukabus Syarqiah CFP (certified financial planner) memberikan solusi berupa pekerjaan sampingan alias side job. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Kalau punya tujuan keuangan, untuk punya rumah mumpung  masih muda, manfaatkan waktu untuk cari tambahan. Waktu sama-sama 24 jam,” ujar wanita yang akrab disapa Kiki ini kepada Rumah123.

Baca juga: 48 Persen Gaji Habis Buat Sewa Properti? Nah, Mendingan Juga Beli Kan

Kaukabus menyatakan kalau sekarang orang dimudahkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau kamu punya mobil atau motor, kamu bisa nyambi jadi ojek online lho. Kamu bisa menyewakan mobil saat akhir pekan bagi orang yang mau berwisata.

Punya kemampuan menyanyi? Jadi wedding singer aja. Pede tampil di depan umum? Jadi pembawa acara pernikahan, launching, dan lainnya bisa aja kok.

Baca juga: Milenial Berani Minta Kenaikan Gaji. Nah, Sudah Berani Investasi Properti Belum?

Bisa melukis, menulis, atau apa saja bisa diolah menjadi duit lho. Malu? Kenapa harus malu. Capek? Kalau mau meraih apa yang kamu inginkan, singkirkan rasa letih.

Tapi ingat ya, kalau kamu tidak boleh melupakan pekerjaan utama kamu. Saatnya bekerja di kantor, ya fokus dong. Jangan berpikir side job-nya.

Bagikan: 2295 kali