Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

“Pengen punya rumah sih, tapi nggak punya uang, gimana dong? Nggak ada sisa uang, gaji habis buat pengeluaran sehari-hari.”

Ungkapkan seperti ini kayaknya sering muncul dari kaum milenial. Mau punya rumah, tapi nggak punya uang. Padahal kamu sudah bekerja kan?

Baca juga: Jalan-jalan atau Tinggal di Mars ya? Ini Dia Pilihan Kekinian Buat Generasi Milenial

Yakin generasi milenial nggak punya uang? Kecuali kamu pengangguran, buat kamu yang bekerja kayaknya nggak mungkin deh kalau tidak punya uang.

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung menyatakan sebuah riset mengungkapkan bahwa gaji minimal milenial yang baru bekerja berkisar antara Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Baca juga: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial Saat Punya Hunian

Kalau kamu tidak menanggung orang tua, adik-adik, atau membantu saudara lainnya, sepertinya tidak masuk akal kamu nggak punya uang kan? Jika kamu sudah bekerja dan masih mengaku tidak punya uang berarti ada yang salah dalam pengaturan keuangan kamu.

“Sadari posisi keuangan, pendapatan sebulan diatur. Ada yang harus dihemat. Ada pengeluaran primer, sekunder, tertier. Ada banyak definisi soal pengeluaran, semuanya beda,” ujar Kaukabus Syarqiah CFP kepada Rumah123. Kaukabus adalah perencana keuangan alias financial planner.

Baca juga: Tinggal dan Dibayar Rp31 Juta Per Bulan? Ini Tawaran Menarik Bagi Kaum Milenial

Kalau generasi milenial menerima gaji bulanan, biasakan untuk langsung membaginya ke dalam setiap pos pengeluaran. Ada pengeluaran premier seperti makan minum, ongkos pergi pulang ke kantor, pakaian, pulsa telepon, dan lainnya. Untuk kaum milenial yang Muslim, jangan lupakan kewajiban zakat ya.

Perempuan yang akrab disapa Kiki ini menyatakan kebutuhan primer setiap orang pastinya berbeda. Namun, intinya pengeluaran primer  itu wajib sedangkan sekunder mungkin bisa menjadi pilihan. Nah, kalau tertier sebenarnya bisa tidak harus dipenuhi.

Baca juga: Milenial Sampe Lansia Ga Takut Beli Rumah Berhantu

Kiki menekankan harus ada yang dihemat. Kamu nggak perlu beli baju tiap hari dong? Meskipun pakaian termasuk kebutuhan primer, namun kamu bisa memasukkannya dalam anggaran bulanan atau dua bulanan.

Kurangi juga anggaran nongkrong di cafe dan makan di restoran mahal. Kongkow di cafe tiap pekan masih masuk akal deh, apalagi kalau kamu bisa mendapatkan peluang pekerjaan lain atau mungkin pekerjaan sampingan. Mau lebih irit, biasakan bawa makanan dari rumah dan membawa botol minuman sendiri.

Baca juga: Pesan Buat Kaum Milenial: Beli Rumah Aja Dulu, Up Grade Kemudian!

Kalau mau menabung, biasakan untuk menabung di awal. Jika kamu memiliki gaji Rp5 juta, sisihkan langsung sekitar 35 persennnya atau Rp1,75 juta. Yakin deh, kamu masih bisa hidup dengan pengeluaran Rp3,25 juta.

Untuk pergi pulang ke kantor, nggak usah malu menggunakan transportasi umum seperti bus TransJakarta atau kereta commuter line plus ojek online.

Baca juga: Ga Ada Hunian Ideal, Generasi Milenial Harus Beli yang Terjangkau Lebih Dulu

Jika kamu bisa melakukan semua ini, kamu bisa punya tabungan lumayan lho untuk down payment rumah dan juga untuk cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen.

Bagikan: 995 kali