AC, kulkas, dan mesin cuci memang memakan daya listrik yang besar. Tapi kamu bisa lebih hemat listrik dengan memilih sejumlah merek ini!

Barang elektronik berdaya besar seperti AC, mesin cuci, dan kulkas, adalah barang elektronik yang paling membuat tagihan listrik membengkak. Ditambah lagi, ketiga barang tersebut digunakan hampir setiap hari. Salah-salah memilih merek, bisa-bisa gajimu habis hanya untuk membayar listrik. Untuk itu, penting sekali memilih merek AC, mesin cuci, dan kulkas yang hemat listrik.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari ketiga barang elektronik tersebut, atau pun hanya salah satunya, jangan dulu membeli sebelum selesai membaca artikel ini! Sebab, kamu bisa menghemat banyak jika sudah mengetahui merek mana yang paling hemat listrik dan menyelamatkan keuanganmu.

Merek AC yang paling hemat listrik:

hemat listrik - rumah123.com

Samsung Digital Inverter Air Conditioner

Samsung bisa jadi merek produk AC yang diandalkan. Namun jika kamu mencari AC yang hemat listrik, maka kamu bisa memilih AC Samsung dengan teknologi inverter. Sebab, teknologi inverter mampu membuat penyesuaian suhu AC menjadi lebih cepat, sehingga daya listrik yang diambil pun tak sebanyak AC tanpa teknologi inverter. 

Sanyo Aqua

AC Sanyo selalu menjadi incaran pencari AC lantaran fitur inverter dan low-watt yang ditawarkannya. Tak hanya itu, AC Sanyo juga memiliki teknologi filter multifungsi sehingga udara yang keluar lebih sehat.

Baca juga: Rumah Minim AC: Hemat Energi dan Biaya Listrik, Namun Tetap Sejuk!

Elektrolux

AC Elektrolux juga bisa jadi pilihan tepat untukmu yang mencari AC dengan harga terjangkau, namun dengan fitur yang maksimal. Elektrolux punya fitur “I Feel”, yang mampu menyebarkan udara ke seluruh ruangan. Jadi meskipun AC terletak di satu sudut saja, seluruh ruangan bisa terasa sejuk. 

Merek kulkas yang paling hemat listrik:

hemat listrik - rumah123.com

Sharp Kirei Flower

Kulkas satu ini hanya membutuhkan daya sebesar 84 watt saja. Bukan cuma hemat listrik, kulkas ini juga tak mengeluarkan bunga es sehingga kamu nggak perlu repot membersihkannya. 

LG GN-Y201SL

Kulkas satu pintu ini juga hemat memiliki fitur auto defrost yang hanya memakan daya sebesar 87 watt ketika pintu dibuka. Kulkas ini juga unggul dari segi ruang penyimpanan sebesar 170 L miliknya.

Samsung RT43H5251

Untuk kamu yang mencari kulkas dua pintu dengan watt rendah, maka bisa menjatuhkan pilihan ke produk satu ini. Konsumsi listriknya cukup hemat, yaitu hanya sebesar 440 watt ketika pintu dibuka. 

Baca juga: Lebih Murah Mana, Pakai Listrik Prabayar atau Pascabayar?

Merek mesin cuci yang hemat listrik:

hemat listrik - rumah123.com

LG TSA09NNM

Mesin cuci bukaan atas ini memiliki kapasitas hingga 9 kg. Konsumsi dayanya cukup rendah, yaitu hanya 480 watt. Dengan begitu, kamu bisa mencuci pakaian dalam jumlah banyak dan hanya membutuhkan listrik yang sedikit.

Panasonic NA-W79BB5

Mau mesin cuci canggih dengan daya yang kecil? Panasonic tipe ini bisa jadi jawaban yang tepat. Sebab, Panasonic NA-W79BB5 memiliki sistem panel serba otomatis dan desain yang cantik. Namun meskipun canggih, Panasonic ini hanya mengonsumsi daya 330 watt. Hemat sekali kan?

Denpoo DWF 093

Mesin cuci satu tabung berkapasitas maksimal 7 kg ini juga cukup hemat. Daya yang dibutuhkan hanyalah sebesar 325 watt. Selain hemat, mesin cuci ini juga memiliki fitur canggih bernama Easy Wash, di mana noda bisa bersih secara maksimal.

Itu dia 3 jenis barang elektronik dari berbagai merek, yang  bisa dipilih untukmu yang mau lebih hemat listrik. Semoga artikel ini bermanfaat ya untukmu!

Bagikan: 4695 kali