Foto: Rumah123/Getty
 

Taman hijau di rumah atau taman bunga aneka warna selain menyemarakkan rumah sekaligus bikin sehat dana wet muda bagi yang merawatnya. Gak percaya? Seperti dikutip dari Livescience, kehadiran tanaman di rumah bisa memengaruhi kesehatan penghuninya melalui berbagai cara.

Salah satunya, taman rumah mampu menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard TH Chan School of Public Health, dan Brigham and Women's Hospital yang melibatkan 110.000 responden.

Salah satu poin studi tersebut menyatakan, orang yang rajin merawat tanaman di rumah memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Mereka juga disebutkan mampu berpartisipasi dalam berbagai kelompok sosial ketimbang kalangan yang gak memiliki tanaman hijau di rumahnya.

Baca juga: Tips Mawar-Melati Selalu Berbunga di Taman Rumah

Nah, kenapa gak dari sekarang aja kamu bikin taman di rumah? Enaknya punya rumah sendiri ya itu, bisa merawat tanaman sesuka hati. Jadi, kalau kamu belum punya rumah segera deh punya. Berikut ini beberapa macam taman yang bisa jadi pilihanmu di rumah:

Taman Kering

Jenis taman ini bisa kamu pilih kalau lahan kamu terbatas. Namanya taman kering atau dry garden. Taman kering ini bisa kamu buat di dalam maupun luar rumah. Konsep taman kering berasal dari Jepang. Gaya taman kering ini disukai kalangan urban yang bergaya hidup praktis.

Taman kering didominasi oleh elemen hardscape semisal bebatuan, koral, dan pasir. Jenis tanamannya yang gak butuh banyak air semisal kaktus, kamboja, bromelia, dan kelompok lain nanas-nanasan.

Baca juga: Kayak Apa Ya Kalau Taman Terbuat dari Sampah?

Untuk membuat taman kering di dalam rumah, kamu dapat menggunakan skylight pada atap rumahmu untuk membuat ruangan semi-outdoor.

Untuk mempercantik taman, kamu pun dapat menambahkan gazebo futuristik pada sisi-sisinya. Kamu juga bisa menutupi permukaan tanah dengan batu kerikil berwarna putih dan abu-abu yang akan memberikan kesan minimalis dan simpel.

Taman Irit Air (Xeriscape)

Nah, kalu ini jenis taman buat kamu yang malas menyiram, atau kamu tinggal di wilayah yang gak banyak air alias kering. Sebutannya taman hemat air atau xeriscape. Di taman jenis ini tanamanmu akan tetap tumbuh subur meskipun air terbatas.

Baca juga: Tinggal di Apartemen Gak Bisa Punya Taman? Halu!

Perhatikan cara membuat xeriscape berikut ini:

Tentukan tanaman yang akna kamu tanam, semisal kaktus, cemara, bambu, dan nanas-nanasan.

Untuk lebih menghemat air, saat kamu menanam air, galilah lubang, isi dengan air, biarkan air menyerap ke dalam tanah sehingga tanah menjadi lembap.

Setelah itu, masukkan tanaman dan masukkan tanah. Setelah selesai menanam, siram kembali dengan air.

Cara tersebut membuat akar lebih cepat tertanam dalam tanah. Selain itu, metode ini akan mengurangi frekuensi penggunaan air.

Agar tak boros air, kamu juga dapat memilih waktu yang tepat untuk menyiram tanaman. Waktu yang efektif untuk menyiram tanaman adalah sore atau malam.

Cuaca yang teduh akan mengurangi penguapan dan membuat air dapat bertahan lebih lama pada tanaman dan tanah. Maka itu, letakkan tanamanmu di tempat yang tak langsung disengat cahaya matahari.

Baca juga: 4 Langkah Semarakkan Taman Rumah Minimalis, Mau Tiru?

Taman Buah

Taman buah di rumah? Ya mungkin aja lho! Kalau lahanmu terbatas ya tanam aja di drum bekas atau wadah lainnya. Asal merawatnya dengan betul, pasti suatu saat tanaman buah kamu juga bebruah.

Ini pilihan taman buah buat kamu:

Anggur

Kalau kamu ingin menghadirkan tanaman anggur di rumah, maka hal yang perlu kamu perhatikan adalah keteduhan karena hal inilah yang dibutuhkan tanaman ini. Pastikan juga kamu mempunyai ventilasi yang memadai supaya tanaman ini bebas dari jamur yang dapat merusak buahnya.

Nanas

Buah dengan mahkota duri ini sebenarnya tergolong mudah untuk ditanam di rumah. Nanas termasuk tanaman yang dapat tumbuh baik di iklim tropis. Cukup meletakkan bibit buah nanas di dalam pot yang cantik, maka tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Bikin Taman Gantung di Dalam Rumah? Bisa Aja Kok Asalkan…

Stroberi

Buah kecil berwarna merah dengan rasa manis dan asam segar ini ternyata dapat tumbuh dengan baik di rumah. Tapi, tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah yang bersuhu dingin atau daerah dataran tinggi. Tanaman ini pun sangat cepat berbuah. Mengenai tampilannya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena daunnya yang indah dan batangnya yang menjulur panjang akan sedap dipandang.

 

 

 

Bagikan: 719 kali