sofa kulit Sofa kulit yang terawat, selain sedap dipandang juga menghemat pengeluaran. Foto: Rumah123/iStock

Sofa merupakan furnitur yang kerap hadir di rumah. Bisa di ruang tamu maupun di ruang keluarga. Material sofa bisa kain, bisa pula kulit. Nah, bila kamu punya sofa kulit di rumah, inilah beberapa trik dalam menerawat sofa kulit.

Oleskan Pelembab

Bahan kulit pada sofa memang pada dasarnya memproduksi minyak untuk melapisi dan melindungi permukaannya. Tanpa lapisan minyak ini, bahan kulit akan cepat menua dan retak-retak atau pecah-pecah karena terlalu kering.

Selama masa gunanya, perabotan berbahan kulit akan kehilangan lapisan minyak alaminya. Oleh karena itu, mengganti kandungan minyak tersebut dengan produk perawatan bahan kulit seperti pelembab tubuh atau rambut sangatlah diperlukan guna melindungi permukaan bahan kulit sofamu.

Jangan Terkena Matahari Langsung

Jangan letakkan sofa kulitmu di bawah sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Panas dan sinar matahari menyebabkan bahan kulit menjadi kering, sehingga mudah retak dan pudar warnanya. Letakkan perabotan kulitmu setidaknya satu meter dari sumber panas.

Bersihkan secara Berkala

Bersihkan permukaan sofa kulitmu dari debu dengan menggunakan sikat berbulu halus secara rutin, setidaknya seminggu sekali kalau perabotan berbahan kulit sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan kulitmu. Jika kamu membersihkannya dengan mesin pengisap debu, gunakan ujung yang berbulu halus dan berhati-hatilah agar tidak menggores permukaannya.

Selain untuk menyingkirkan debu, kegiatan ini juga bertujuan menghilangkan partikel-partikel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk pada bahan kulit. Pastikan kamu juga membersihkan pinggiran, jahitan, dan celah-celah sofa karena di daerah tersebut kotoran sering berkumpul.

Dengan cara-cara tersebut di atas, semoga sofamu awet dan isi kantongmu pun jadi irit. (Wit)

Bagikan: 1127 kali