Foto: Rumah123/iStock
 

Bantal sofa atau bantal duduk di rumah memang fungsinya tak sepenting bantal tidur. Fungsi penting bantal sofa adalah untuk menambah estetika ruang rumah. Meski demikian, bukan berarti kamu pantas menyepelekannya lho!

Tentunya kamu tidak ingin saat tamu atau saudara berkunjung ke rumahmu, lantas mereka mencium bau tak sedap yang berasal dari bantal sofamu kan? Nah, coba simak bagaimana merawat dan menjaga bantal sofa di rumahmu agar tetap selalu bersih.

Baca juga: Banyak Lho Fungsi Bantal Kursi, Bukan Sekedar Pajangan

Mencuci Secara Rutin

Meski bantal sofa berbungkus sarung bantal, cucilah bantal sofa tersebut secara rutin, minimal kamu membasuhnya sebulan sekali. Kamu bisa membawanya ke laundry terdekat atau mencucinya di rumah menggunakan mesin cuci. Jika terdapat noda yang membandel, semisal tumpahan makanan, cukup merendamnya menggunakan air panas lalu menguceknya.

 
Sarung bantal desain Spridd. Foto: Rumah123/IKEA

Keringkan  Maksimal

Setelah dicuci, agar bantal tersebut tidak berbau apek, kamu wajib mengeringkannya secara maksimal. Untuk proses pengeringannya bisa kamu keringkan secara alami di bawah sinar matahari yang cukup terik antara pukul 10 pagi sampai pukul satu siang. Bantal jadi tak lembap dan tidak berjamur.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Bantal Kursi! Simak Tipsnya!

Gunakan Vacuum Cleaner

Bersihkan minimal seminggu sekali bantal sofa dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika kamu tak memilikinya, cukup menggunakan sapu lidi bersih atau pemukul kasur. Tujuannya agar debu yang menempel pada bantal tersebut hilang, namun usahakan jika menggunakan pemukul atau sapu lidi kamu lakukan di luar rumah supaya debunya tidak mencemari ruangan.

Bagikan: 731 kali