OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Menyulap Rumah Jadi Kantor Tuh Gini Caranya!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

office room interior with desk and armchair

Ruang kantor di rumah. Foto: Rumah123/iStock

 

 

Ingin menyulap rumah jadi kantor? Bukan perkara sulit kok, meski juga bukan gampang banget. Ada beberapa alasan mengapa kamu ingin menjadikan rumah sebagai kantor. Namun, yang pasti mungkin kamu membutuhkan tips berikut ini agar tercipta SOHO (Small Office Home Office) yang nyaman.

Nah, berikut ini tips SOHO seperti dikutip dari Homedit.com yang dapat kamu aplikasikan di hunianmu:

  1. Ruang yang Tepat

Langkah pertama, kamu menentukan ruang mana yang akan kamu jadikan kantor. Jika ada beberapa ruang yang tersedia, kamu perlu memilih satu yang tepat.

Letaknya harus jauh dari hiruk-pikuk lalu-lintas penghuni rumah, jauh dari ruang bermain anak-anak dan cukup jauh dari ruang tamu. Ruangan tersebut harus memiliki akses agar memudahkan klien yang datang.

  1. Furnitur yang Tepat

Ada beragam pilihan furnitur untuk rumah kantor. Namun, kamu perlu mempertimbangkan kemudahan mengaturnya jika terjadi pengembangan aktivitas.

Kamu dapat menggunakan furnitur multifungsi. Semisal bangku yang dapat dilipat menjadi sebuah meja sementara. Atau sebuah sofabed untuk tempat duduk atau ranjang sementara saat kamu atau pegawaimu ingin meluruskan badan sejenak.

  1. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan sangat penting untuk ruangan kantor. Kamu harus memilih level cahaya terbaik untuk matamu agar bisa bekerja dengan baik.

Ruang yang kamu jadikan kantor harus memiliki jendela besar, sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam saat siang. Namun, kamu tetap membutuhkan satu atau dua lampu sebagai cahaya tambahan.

  1. Pengaturan Barang yang Baik

Agar terlihat bersih dan nyaman, kamu harus bisa mengatur barang-barang kantor di tempat semestinya. Pastikan kamu mengatur segala sesuatu dengan baik, sehingga kamu selalu tahu di mana bisa menemukan barang tertentu ketika membutuhkannya.

Cobalah untuk selalu membiasakan diri meninggalkan ruangan kantor dalam keadaan bersih dan teratur, jangan biarkan ada barang-barang yang menumpuk.

  1. Sentuhan Dekorasi Pribadi

Meskipun untuk kantor, gak ada salahnya kalau kamu meletakkan barang-barang personal. Tambahkan sentuhan-sentuhan kecil ala kamu yang bisa mengubah suasana hati. Semisal kamu bisa meletakkan beberapa karya seni di dinding.

Kamu juga bisa membingkai beberapa gambar menarik dan menampilkannya di rak. Atau kamu bisa menempatkan beberapa lilin di ruang kantor untuk menciptakan suasana santai dan tenang.

Nah, kini ruang kantormu di rumah bisa terasa hangat dan nyaman. Kamu pun bisa jadi lebih produktif.


Tag: , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA