Loteng- Rumah123.com Biro Arsitek Untitled Architecture Mendesain Loteng Menjadi Sebuah Apartemen yang Nyaman. Hunian Ini Ada di Milan, Italia (Foto: Rumah123/Dezeen)

Bisa membayangkan kalau loteng yang gelap dan berantakan bisa diubah menjadi apartemen yang keren dan nyaman. Kalau kamu punya loteng, tidak ada salahnya untuk mengikuti desain serupa.

Tidak banyak rumah di Indonesia yang memiliki loteng luas, biasanya luasnya memang terbatas. Berbeda dengan rumah di negara-negara Eropa yang memiliki loteng yang cukup luas.

Biro arsitek Untitled Architecture mengubah bagian loteng sebuah hunian di Milan Italia. Untitled Architecture dididikan oleh dua arsitek, Bogdan Peric dan Andrey Mikhalev. Firma ini memiliki kantor di Moscow, Rusia dan Milan, Italia.

Baca juga: Loteng Jadi Gudang? Bisa Aja, Tapi Waspadai Tamu Ga Diundang Lho

Loteng- Rumah123.com Arsitek Mengaplikasikan Warna Putih Pada Dinding dan Plafon. Untuk Lantai, Untitled Architecture Memasang Lantai Kayu (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek menampilkan solusi mudah dalam mengubah bagian rumah ini dengan menampilkan tiang metal, tangga silinder, dan partisi kecil. Beberapa elemen struktur bisa mengubah tampilan ruang.

Ruangan ini memiliki luas 30 meter persegi. Awalnya merupakan loteng yang gelap dan berantakan. Arsitek mengubahnya menjadi berbeda.

Ada tiang dari baja yang berada di tengah ruangan. Tidak jauh dari tiang, ada tangga silinder atau tangga spiral untuk menuju ke bagian mezzanine. Tangga seperti ini bisa menghemat ruang.

Baca juga: Ruang Tidur di Loteng? Wah Nggak Masalah Kok Asal…

Loteng- Rumah123.com Apartemen Ini Memiliki Ruang Tidur, Kamar Mandi, Dapur, dan Ruang Duduk. Ruang Tidur Persis Berada di Atas Kamar Mandi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Area mezzanine ini berisi ruang tidur. Namun, arsitek hanya menempatkan kasur saja di bawah atap yang miring. Bagian tempat tidur ini berada persis di atas kamar mandi.

“Proyek ini dirancang untuk memperluas interior ruangan dan mengubah persepsi dengan membentuk kembali geometri yang suda ada dan meningkatkan banyaknya cahaya alami,” ujar Untitled Architecture seperti dilansir oleh situs desain Dezeen.

Untitled Architecture mengaplikasikan warna putih pada dinding dan plafon. Sementara lantai memakai lantai kayu oak berwarna terang. Hanya ada aksen warna biru pada tangga spiral.

Baca juga: Loteng Jadi Ruang Kerja? Nggak Usah Ragu Dong

Loteng- Rumah123.com Arsitek Mendesain Tangga Berbentuk Silinder Atau Tangga Spiral. Bentuk Tangga Seperti Ini Menghemat Ruang (Foto: Rumah123/Dezeen)

Supaya hunian ini terlihat lebih terang, arsitek memasang dua skylight atau plafon kaca. Hasilnya hunian ini berlimpah cahaya.

Arsitek juga membuat custom furniture supaya apartemen terlihat lebih luas. Hunian ini mempunyai ruang tidur, dapur, ruang duduk, dan kamar mandi.

Hmm, ternyata bisa juga ya mengubah loteng menjadi hunian yang keren dan nyaman. Kalau kamu punya loteng yang cukup luas, manfaatkan saja untuk menjadi tambahan ruang.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Tips Jadikan Loteng Sebagai Ruang Kerja

Loteng- Rumah123.com Arsitek Juga Memasang Dua Skylight Atau Plafon Kaca Agar Hunian Menjadi Lebih Terang. Siapa Menyangka Kalau Loteng Bisa Diubah Menjadi Hunian Keren Seperti Ini? (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 2381 kali