Biro Arsitek India, Studio Bipolar Mengubah Gudang dan Pabrik Obat Menjadi Kantor Biro Kreatif Sekaligus Studio Film (Foto: Rumah123/Designboom)

Gedung tua yang dibangun pada 1960-an ini bisa berubah menjadi kantor plus studio film untuk biro kreatif. Bukti kalau bangunan tua dapat beralihfungsi menjadi lebih kekinian.

Designboom melansir biro arsitek India, Studio Bipolar merancang ulang sebuah gudang obat-obatan seluas 557 meter persegi. Gudang ini berada di kawasan industri Okhla yang ada di ibu kota India, New Delhi.

Klien Studio Bipolar adalah biro kreatif Whitebalance. Klien menginginkan kantor yang berbeda. Studio Bipolar merancang sebuah ruang baru yang memenuhi semua fungsi perusahaan mulai dari perencanaan hingga produksi.

Baca juga: Dapur Ini Juga Berfungsi Sebagai Kantor dan Tempat Meeting! Masa Sih?

Eksterior atau bagian luar bangunan sudah jelas tidak diubah. Studio Bipolar mengubah interior atau bagian dalam bangunan menjadi kekinian dan lebih keren.

Studio Bipolar menghancurkan lantai mezzanine yang menutupi dua pertiga dalam bangunan. Namun, arsitek membuat bangunan kecil sebagai gantinya.

Salah satu ruang kerja yang ada dalam kantor ini adalah ruang penyuntingan atau editing. Arsitek sudah menyiapkan area untuk tidur di atas ruang kerja bagi mereka yang bekerja hingga larut malam.

Baca juga:  Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Kantor ini juga memiliki ruang pertemuan. Selain itu, ada studio multifungsi untuk menyeleksi hasil akhir, syuting, dan juga ruang kerja.

Arsitek mendesain kantor ini dengan gaya industrial. Bagian atap dibiarkan terbuka dengan plafon yang terlihat. Sementara pada bagian lantai, ada lantai kayu keras dan juga beton ekspos.

Untuk dinding, Studio Bipolar melakukan kombinasi. Ada bagian dinding yang berupa batu bata ekspos, bata yang dicat putih, dan juga warna hitam. Hmm, kantor kamu keren kayak gini nggak?

Baca juga:  Lumbung Gandum Beralih Fungsi Menjadi Rumah Tinggal, Kenapa Ga Bisa?

Studio Bipolar Mendesain Kantor dan Studio Film Ini dengan Desain Industrial dan Konsep Open Space (Foto: Rumah123/Designboom)

Bagikan: 860 kali