apartemen gaya industrial 1 Foto: Grya.co.id

Tugas seorang desainer interior adalah merancang sebuah ruang agar fungsional dan estetis. Sebuah apartemen yang kecil sekalipun, memerlukan seorang desainer interior agar tercipta kondisi ruang yang sesuai konsep desain dan budget yang diinginkan.

Sebut saja apartemen mungil di Kemang. Desain interior proyek apartemen ini dipercayakan kepada desainer Laura Saputra Xie dari L’Space. Tema yang dipilih adalah rustic industrial yang keren.

Sang desainer merancang apartemen ini dengan meminimalisasi budget kliennya. Alhasil, menjadi lebih ekonomis karena menggunakan banyak material yang sudah tersedia.

Sang pemilik apartemen ini adalah seorang art director sebuah perusahaan advertising ternama di Asia. Tak heran dia  sangat peka terhadap keindahan dan desain, baik dalam kehidupan karir maupun pribadinya.

Setelah lama bekerja di Bangkok dan Singapura, beliau akhirnya kembali ke Jakarta, dan memutuskan untuk memiliki sebuah hunian yang luasnya cukup untuk tempat istirahatnya.

Unit yang ada “bare” tanpa finishing dinding, lantai, maupun penyekat area kamar mandi. Awalnya unit ini adalah sebuah studio apartemen yang kemudian dengan kecermatan diubah menjadi satu bedroom apartement.

Pintu dan penyekat ruangan yang ada terbuat dari kaca yang dapat ditutup tirai apabila menginginkan privasi ketika ada tamu berkunjung.

Baca juga: Aksesori Interior Campuran untuk Gaya Eklektik

Palet warna industrial ini menggunakan material natural yang dicampur dengan warna hitam pada sebagian besar ruangannya. Hal ini diperkuat dengan penggunaan lantai beton cor yang dipoles dan diperlembut dengan rugs area dan cushions. Alhasil, ruang tampak begitu kontras dan tampil berani.

Pada area kamar tidur dan living area, dinding diberi treatment bata ringan existing dari gedung yang dirapikan kembali dan dicat dengan warna putih keabuan. Sedangkan untuk finishing lantai, L’Space banyak menggunakan material exposed concrete untuk menambahkan kesan yang lebih industrial.

Melengkapi living room, desainer meletakkan sofa dua dudukan produk IKEA yang dihiasi rugs kulit imitasi. Sebuah karya seni berupa lukisan koleksi pribadi si pemilik apartemen juga jadi pelengkap yang terlihat harmonis.

Kemudian untuk menyekat kamar mandi, L’Space memilih bahan terracota exposed brick wall dan bagian dalamnya di-finishing dengan kombinasi tiles putih ukuran 20x10 dan cat weathershield.

Apartemen mini ini tetap terasa luas dan nyaman berkat penggunaan built in furniture yang sangat menentukan komposisi dan keindahan ruang yang harmonis.

Selain itu, lantai kamar tidurnya yang dilapisi HDF parket dari Fio Home dibuat lebih tinggi, sehingga bagian bawahnya dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Cara ini efisien untuk apartemen berukuran kecil.

Trik lainnya adalah pencahayaan unit yang dibuat dramatis dengan lampu sorot LED dari Osram.

apartemen bergaya industrial 2 Foto: Grya.co.id
Apartemen bergaya industrial 3 Foto: Grya.co.id
Bagikan:
2286 kali