pelabuhan patimban

Pelabuhan Patimban di Subang akan menjadi pelabuhan terbesar. Seperti apa sih potensi perkembangan infrastruktur ini terhadap dunia properti?

Kehadiran pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dinantikan banyak pelaku usaha, termasuk developer properti.

Patimban menjadi salah satu proyek infrastruktur era pemerintahan Joko Widodo, dan diproyeksikan bakal menjadi pelabuhan terbesar di tanah air

Pelabuhan Patimban dibangun sebagai alternatif distribusi barang melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang sudah padat.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, total kapasitas bongkar muat maksimal pelabuhan tersebut mencapai 7,5 juta TEUs (twenty equivalent units) atau ukuran standar kargo kapal.

Sedangkan total area daratan pelabuhan mencapai 686 hektare, dan areal perairan seluas 25.756 hektare.

Bandingkan dengan pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki luas lahan 627 hektare, dengan kerja perairan mencapai 639 hektare.

Kini, pembangunan tahap pertama fase satu pelabuhan itu sudah beroperasi semenjak Desember 2020 lalu.

Sedangkan pengembangan pelabuhan Patimban tahap satu fase dua ditargetkan selesai pada 2023 mendatang.

Pengelolaan pelabuhan tersebut bakal dijalankan melalui pembentukan konsorsium untuk mengoperasikan Car Terminal dan Container Terminal.

Konsorsium itu dibentuk oleh PT Pelabuhan Patimban Internasional bersama Toyota Tsusho Corporation, dan ditargetkan mulai beroperasi Desemberi 2021 mendatang.

Pelabuhan Patimban Dinanti Para Developer Properti

pelabuhan patimban

Pelaku bisnis di koridor timur Jakarta sangat berharap hadirnya Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Laman Antaranews.com pernah melaporkan bahwa sejumlah pengembang properti di koridir timur Jakarta telah menyiapkan pembangunan untuk menyambut kehadiran pelabuhan Patimban.

Developer mulai membangun  dan mengembangkan kawasan industri, hunian, hotel, pusat perbelanjaan hingga perkantoran.

Mengutip dari laman Medcom.id, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda memperkirakan pelabuhan itu akan memberikan dampak cerah terhadap pertumbuhan sektor properti.

"Diperkirakan setiap infrastruktur baru akan memberikan dampak ekonomi yang ditandai dengan naiknya harga tanah," ujar Ali.

Dia memprediksi dalam kurun waktu tiga bulan sejak Pelabuhan Patimban beroperasi maka ekonomi di kawasan itu akan mulai bergerak.

Hal tersebut biasanya ditandai dengan pergerakan arus barang dan jasa yang semakin cepat melalui pelabuhan.

Pelabuhan Patimban Bawa Angin Segar untuk Kawasan Industri

pelabuhan patimban

Hadirnya pelabuhan tersebut diprediksi tidak hanya menghidupkan kembali sektor industri, namun juga akan mendongkrak sektor hunian.

Selain itu, juga membawa angin segar pula untuk sektor pariwisata hingga pertanian di daerah Subang, Jawa Barat.

Dengan hadirnya pelabuhan itu, maka akan terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di sekitarnya.

Semua ini mencakup Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan juga kawasan industri di sekitarnya.

Kawasan  tersebut menjadi saling terkoneksi dan saling mendukung satu dengan yang lain, tentunya sebagai bagian infrastruktur.

Senior Associate Director Colliers International, Ferry Salanto berpendapat potensi pengembangan di Subang  cukup tinggi.

Hal itu tidak terlepas dengan kehadiran sejumlah infrastruktur, dalam hal ini Pelabuhan Patimban.

"Subang menjawab kebutuhan akan kawasan industri yang sekarang semakin sulit didapat, terutama di Bekasi," kata Ferry seperti dikutip dari Medcom.id.

Dengan adanya infrastruktu itu, ia menilai menjadi kesempatan terutama perusahaan yang bergerak di industri teknologi.

"Bahkan beberapa pengembang sudah menguasai tanah, dan mau mengembangkan kawasan industri di Subang," lanjutnya.

Nah, inilah sekelumit ulasan tentang potensi kawasan di Pelabuhan Patimban, yang kini menjadi incaran para developr.

Simak pula peluang bisnis data center yang mulai menggoda sejumlah pengembang besar di tanah air untuk lini bisnis baru.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Lugano Lake Park.

Bagikan:
152 kali