Foto: Rumah123/Getty
 

“Mumpung masih muda, mau cari pengalaman keliling dunia dulu.”

“Beli rumah nanti aja, sekarang mah nikmati dulu masa muda.”

Pengalaman pahit pasangan lanjut usia ini layak jadi pelajaran bagi mereka yang “mengklaim” masih muda. Len dan Val Fitzgerald, pasangan lanjut usia ini terancam kehilangan rumah yang sudah ditempati dan dicicilnya selama 15 tahun terakhir.

Mereka menunggak cicilan? Bukan itu alasannya. Melansir Daily Mail, usia pasangan asal Inggris itu ternyata dianggap sudah terlalu tua untuk menerima perpanjangan kredit.

Ya, pasangan Fitzgerald memang baru mulai mengajukan kredit untuk membeli rumah ketika usia mereka sudah lewati 50 tahun. Sebelumnya, keduanya tinggal di rumah yang disediakan perusahaan tempatnya bekerja, hingga akhirnya bangkrut.

Baca juga: Muda Gak Punya Rumah, Tua Tinggal di Rusunawa Pake Bayar Pula!

Mereka langsung berusaha mencari pekerjaan baru dan memutuskan membeli rumah sendiri menggunakan kredit dari bank. Di tengah kredit, mereka kembali mengajukan dana renovasi. Mereka terlupa bahwa ada masalah waktu pembayaran terkait usia.

Saat ini, keduanya masih menunggu keputusan pengadilan terkait masalah ini. Pasalnya, bank penyalur kredit sudah menolak perpanjangan tenor yang diajukan.

Yang mengaku masih muda, dan belum punya rumah sendiri, coba hitung lagi deh umur kamu. Tau kan kalau kredit pemilikan rumah (KPR) ada tenornya? Kebanyakan sih paling lama ya 15 tahun.

Baca juga: Dari Muda Usaha Terus Punya Rumah, Tua Nanti Bahagia Deh!

Nah, masih cukup gak umur kamu? Atau memang punya rencana jadi homeless di masa tua? Monggo lho!

Gak ada yang salah dengan mencari pengalaman di masa muda kok. Juga gak salah kalau mau menikmati masa muda. Yang perlu dipikirkan matang-matang itu caranya.

Tanya diri sendiri deh, mau cari pengalaman seperti apa? Mau menikmati masa muda yang bagaimana sih? Jangan lupa, mau menikmati masa tua nanti juga seperti apa?

Toh, menjadi tua itu pasti, bukan? Punya rumah itu kemauan, bukan semata kemampuan. Sudah banyak aturan pemerintah yang mempermudah semua orang punya rumah kok!

Bagikan: 1145 kali